Breaking News:

Ambon Hari Ini

2 Tahun Resmi, Louhenapessy Tak Tahu Ruang Terbuka Publik Wainitu – Ambon Dikelola Pemkot

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy baru mengetahui Ruang Terbuka Publik Wainitu (RTP), Kecamatan Nusaniwe telah dikelola Pemerintah Kota.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat diwawancarai di Kantor Balai Kota Ambon, Kamis (26/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy baru mengetahui Ruang Terbuka Publik Wainitu (RTP), Kecamatan Nusaniwe telah dikelola Pemerintah Kota.

“Mohon maaf, saya sama sekali tidak tahu bahwa itu sudah diserahkan dengan pemerintah kota,” kata Louhenapessy kepada wartawan di RTP Wainitu, Jumat (3/9/2021) sore.

Dijelaskannya, penyerahan RTP dilakukan antar dinas dan tak ada pelaporan.

“Ternyata itu diserahkan lewat jalur dinas ke dinas,” tambahnya.

Baca juga: Keluhkan Rencana Bayar Angkot Pake Barcode, Sopir; Tak Semua Punya Hp Android

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pendapatan Pedagang Jajanan Khas Maluku Turun 80 Persen

Meski demikian, Louhenapessy menuturkan pernah diinformasikan penyerahan RTP kepada Pemkot saat peresmian oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di tahun 2019.

“Salah satu pemukiman kumuh adalah wainitu dan kerja keras balai maupun seluruh perangkat terkait, akhirnya kawasan ini diresmikan ibu menteri keuangan, nah ternyata belum selesai. Saya ingat persis pada waktu itu pak menteri bilang saya serahkan kepada pemerintah kota untuk pengelolaannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan peresmian kawasan RTP, Januari 2019 lalu.

Melalui Ditjen Sumberdaya Air juga melakukan revitalisasi Pantai Wainitu dengan membangun pengaman penjaga garis pantai dari abrasi dan erosi.

Pembangunan Pengaman Pantai Wainitu sepanjang 1.451 meter dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Ditjen Sumber Daya Air secara bertahap dari tahun 2013-2015.

Di tahun 2021, akan dilanjutkan dengan proyek Peningkatan Kualitas Pemukiman Kumuh Wainitu-Ambon. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved