Breaking News:

Ambon Hari Ini

Miris, Taman Pahlawan Nasional Maluku Dipenuhi Sampah hingga Wajah Pahlawan Tertutup Lumut

Empat tahun diresmikan, Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tak terawat dan ber

Ode Alfin Risanto
Monumen Taman Nasional Maluku yang terletak di Jalan Sudirman Desa Batumera, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tampak kotor dan tidak terawat. Rabu (18/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Haliyudin Ulima

AMBON,TRIBUNAMBON.COM - Empat tahun diresmikan, Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tak terawat dan berserakan sampah.

Dari pantauan TribunAmbon.com, Rabu (18/8/2021) taman yang berada di antara ruas jalan utama itu terlihat kotor dan tidak terawat.

Rumput liar mulai tumbuh menutupi pagar pembatas taman. Bahkan lumut menutupi wajah pejuang Maluku yakni Kapitan Patimura, Nuku Muhammad Amiruddin, Karel Satsuit Tubun, Johanes Leimana dan Martha Cristina Tiahahu.

Selain itu, kolam di bagian dalam taman juga dipenuhi sampah plastik yang berserahkan.

Baca juga: Umasugi Desak Pemerintah Pusat Buka Tambang Gunung Botak di Pulau Buru, Beda Pendapat Dengan Murad

Baca juga: Air Surut, Teluk Ambon Jadi Arena Main Bola

Warga setempat mengaku, sejauh ini belum ada petugas kebersihan yang secara rutin membersihkan taman itu, padahal letaknya sangat strategis.

"Awal-awal saja dibersihkan. Tapi sekarang sudah jarang sekali, makanya kotor begitu," ujar Haider Kiat saat ditemui TribunAmbon.com di pelataran taman tersebut, Rabu, (18/8/2021).

Senada, seorang tenaga pengajar yang melintasi area itu juga mengungkapkan rasa prihatinnya. Katanya, taman sangat kotor sehingga tak ada pengunbjung sama sekali.

“Taman ini bagus. Cuma kotor karena tidak ada yang merawatnya,. Padahal bagus untuk bahan belajar siswa-siswi," ungkap SMA Negeri 3 Ambon, Lebeharia.

Dia berharap, pemerintah Kota Ambon segera melihat masalah ini dengan serius. Apalagi, tinggal sebulan lagi ulang tahun Kota Ambon.

"Kita mau lihat Ambon bersih di pagi hari dan terang di malam hari seperti slogan pemerintah," ucapnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved