Breaking News:

Ambon Hari Ini

Tingkat Curanmor Meningkat, Kadis Perhubungan Kota Ambon Akui Lemahnya Sistem Parkir Pinggir Jalan

Menyusul meningkatnya kasus pencurian motor (Curanmor) di Kota Ambon sepanjang tahun 2021 yakni 35 kasus.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/Fandi
AMBON: Salah seorang Juru Parkir di Jalan Diponegoro, Selasa (18/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette mengakui adanya kelemahan dalam sistem parkir yang diberlakukan di jalanan pusat kota.

Menyusul meningkatnya kasus pencurian motor (Curanmor) di sepanjang tahun 2021.

Yakni, sebanyak 35 kasus sesuai data Satlantas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Menurutnya, parkir pinggir jalan lebih beresiko lantaran jumlah kendaraan yang cukup tidak sebanding dengan jumlah juru parkir terbatas per areanya.

“Di Ambon ini kan Parkir di tepi jalan umum, jadi Jukir (juru parkir) itu kalau jumlah motor yang parkir dalam jumlah besar, Jukir sulit untuk dikontrol siapa yang pakai, siapa pemiliknya,” kata Sapulette kepada tribunambon.com, Selasa (9/8/2021) sore.

Lanjutnya, akan lebih aman memarkirkan kendaraan roda dua di tempat parkir gedung atau taman parkir yang memiliki sistem palang pintu.

“Kecuali itu di gedung parkir atau di taman parkir yang sifatnya parkir elektronik sehingga ketika dia mau keluar dari tempat parkir dia tunjukkan dia punya tiket yang tadi dia masuk ya itu kan baru bisa dibuka (palang pintu),” lanjut Sapulette.

Tak hanya menggunakan penghalang, sistem keamanan yang jelas seperti kamera pengintai (CCTV) juga mendukung keamanan kendaraan.

Baca juga: Curanmor Meningkat, Wakil Rakyat; Perlu Koordinasi Antara Dishub dan Kepolisian

Baca juga: Angka Curanmor Meningkat di Ambon, Amir Rumra; Bukti PPKM Bikin Masyarakat Makin Susah Cari Makan 

“Karena sulit untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh angkutan seluruh kendaraan roda dua motor di tempat itu yang dikecualikan Taman parkir lalu sistem keamanannya jelas dengan sistem portal. Terus kan ada CCTV yang bisa kita lihat kegiatan masuk siapa dan keluar tapi karena itu seluruh kendaraan yang parkir di situ,” jelasnya.

Dia menambahkan, Dinas Perhubungan Kota Ambon juga merencanakan projek seperti pemasangan CCTV dibeberapa lokasi guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga.

Meski demikan, projek-projek itu bertahap dan tak bisa dilakukan sekaligus.

“Ada rencana demikian, tapi bertahap ya,” tandasnya.

Sebelumnya, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mencatat kasus pencurian kendaraan bermotor mengalami peningkatan dalam enam bulan terakhir, yaitu 35 curanmor.

Kasus-kasus tersebut sebutnya, terjadi pada beberapa ruas jalan dan kompleks di Kota Ambon dan kebanyakan menjalankan aksinya di parkiran mall, toko dan halaman rumah. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved