Breaking News:

Maluku Terkini

Seleksi KOSN Pencak Silat Tingkat SD dan SMP, Kota Ambon Kirimkan 3 Pesilat

Gandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon kirimkan 3 atlet

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Dedy Azis
Nabil Angkotasan, Salah satu peserta yang mengikuti seleksi KOSN tingkat Kabupaten/Kota 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Gandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Ambon, Dinas Pendidikan Kota Ambon kirimkan 3 atlet Pencak Silat untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SD dan SMP.

3 Atlet yang terpilih merupakan hasil seleksi yang diadakan pada hari yang sama di Kantor desa Batumerah, Jl. Lorgi, Batu Merah, Sirimau, Kota Ambon, Jumat (6/8/2021) malam.

Pantauan TribunAmbon.com dilokasi, usai seleksi, IPSI dan Dinas Pendidikan Kota Ambon langsung menggelar pemantapan dan perekaman video peragaan atlet yang akan dikirimkan ke pusat.

Pasalnya, gelaran kompetisi yang sebelumnya bernama O2SN tersebut diadakan secara daring selama masa pandemic Covid-19.

Kategori yang dipertandingkan pun hanya kelas seni tunggal putra dan putri di tingkat usia dini dan pra remaja.

Menurut, Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Ambon, Daniel Leatemia, kegiatan tersebut dilakukan untuk memantapkan persiapan atlet pencak silat Kota Ambon, yang telah diseleksi.

Baca juga: Pasar Apung Enggan Dikunjungi Warga, Pedagang; Lokasi Tidak Strategis, Jalan Tertutup

Baca juga: Listrik Belum Teraliri di Desa Pasir Putih, DPRD Buru Selatan Mengaku Terus Berjuang

“Hari ini merupakan seleksi sekaligus pemantapan atlet pencak silat Kota Ambon menuju provinsi dan nasional,” Ujar Leatemia saat ditemui TribunAmbon.com disela kegiatan.

Lanjutnya, atlet yang terpilih merupakan hasil seleksi berjenjang dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, hingga menuju nasional.

“Atlet yang terpilih ini sudah diseleksi dari tingkat Kecamatan, dan Kabupaten/Kota, selain itu, proses penilaiannya pun melalui daring,” Ucapnya.

Nantinya, 3 video atlet yang telah direkam akan dikirimkan ke dinas pendidikan pusat, untuk kemudian diberikan surat rekomendasi untuk mewakili Provinsi Maluku dalam ajang KOSN tingkat Nasional.

KOSN sendiri merupakan bagian pengembangan bidang olahraga bagi peserta didik. KOSN 2021 bertujuan untuk memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi yang dimiliki peserta didik.

Menumbuh kembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis pada penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi, menanamkan nilai-nilai dalam olah raga yaitu nilai-nilai fair play.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved