Breaking News:

Nasional

Tips yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Lakukan Vaksinasi Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Riesa Broto Asmoro memberi beberapa tips bagi ibu hamil yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19.

Editor: Adjeng Hatalea
Tangkap layar youtube BNPB
Reisa Broto Asmoro 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Riesa Broto Asmoro memberi beberapa tips bagi ibu hamil yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19.

Hal pertama yang harus diperhatikan, kata dia, adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang menangani kehamilan.

"Kedua, pastikan semua prasyarat dasar kita penuhi sebelum ke pos vaksin setelah mendaftar," kata Reisa dalam konferensi persnya, Rabu (4/8/2021).

Adapun yang harus diperhatikan sebelum ke pos vaksin antara lain tidak dalam kondisi demam atau atau suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celsius.

Kemudian, tensi darah di bawah 140/90 mmhg serta usia kehamilan minimal 13 minggu atau masuk trimester kedua.

Indonesia Dapat Dukungan dari Perancis, 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Bakal Dikirimkan

Cegah Kluster Baru Penyebaran Covid-19, Kemenag: Hari Libur Tahun Baru Islam Digeser ke 11 Agustus

Reisa menjelaskan, pada trimester kedua kandungan sudah semakin kuat rata-rata berat bayi dalam kandungan sudah mencapai 42 gram dengan panjang mencapai 9 sentimeter.

Sementara tulang dan tengkoraknya semakin mengeras dan kemampuan mendengarnya ikut meningkat, kemampuan otaknya sendiri juga sudah berkembang sejak trimester pertama.

Serta mungkin akan merasakan tendangan dan detak jantung yang berdebar dan bisa melihat berbagai ekspektasi melalui pemeriksaan USG.

"Maka dari itu, dianjurkan vaksinasi setelah kandungan berusia 13 minggu dan cari-cari lagi informasi lebih lanjut melalui kemkes.go.id atau langsung kontak 119 extention 9," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengizinkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil mulai 2 Agustus 2021.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

(Kompas.com / Sania Mashabi / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved