Breaking News:

Nasional

Menteri PPPA: Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar Langkah Awal Pembelajaran Tatap Muka

Hal tersebut disampaikan Bintang saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMP Islam Al Azhar 31 Summarecon Bekasi dan SMP Negeri 5 Kota Bekasi.

Editor: Adjeng Hatalea
(BBC News Indonesia)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengunjungi Waingapu, Sumba awal Juli untuk membahas permasalah kawin tangkap. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, vaksinasi Covid-19 kepada pelajar merupakan langkah awal agar pembelajaran tatap muka bisa kembali dilaksanakan.

Hal tersebut disampaikan Bintang saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMP Islam Al Azhar 31 Summarecon Bekasi dan SMP Negeri 5 Kota Bekasi.

"Pelaksanaan vaksinasi anak usia 12-17 sebagai langkah awal agar anak bisa kembali bersekolah tatap muka. Pemerintah saat ini sedang mengejar program vaksinasi yang dilakukan di lingkungan sekolah agar target cepat tercapai," ujar Bintang, dikutip dari siaran pers, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Tips yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Lakukan Vaksinasi Covid-19

Menurut Bintang, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar di sekolah dapat menghindarkan anak dari kerumunan. Selain itu, pihak sekolah juga menetapkan aturan sehingga vaksinasi dapat dilakukan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan.

“Guru-guru juga diharapkan memberikan pemahaman kepada para murid bahwa vaksinasi itu aman dan penting untuk keselamatan semua," kata Bintang.

Oleh karena itu, Bintang menekankan, edukasi dan pendampingan terhadap anak yang divaksinasi perlu dilakukan.

Adapun peninjauan vaksinasi terhadap para pelajar itu dilakukan bersama dengan Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sylviana Murni serta Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan telah merancang kegiatan vaksinasi dengan target sasaran anak pada jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP).

Baca juga: KPK Sebut Kemensos Jalankan Rekomendasi, Hapus 52,5 Juta Data Penerima Bansos

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bekasi Inayatullah mengimbau wali murid untuk mendukung program vaksinasi.

Program vaksinasi anak di Kota Bekasi akan dilaksanakan mulai 4 Agustus hingga 11 Agustus 2021 dengan target usia 12 hingga 17 tahun.

"Saya berharap dan mohon kepada bapak ibu wali murid serta anak-anak siswa. Mari sama-sama kita melakukan dan mendukung," ujar Inay, Selasa (3/8/2021). Inay menuturkan, vaksinasi akan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga anak siap menyongsong pembelajaran tatap muka.

"Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini imun kita dan tubuh kita menjadi kuat dan sehat karena kita untuk menyongsong persiapan pembelajaran tatap muka terbatas untuk tahun pelajaran 2021-2022," ujar dia.

(Kompas.com / Deti Mega Purnamasari / Kristian Erdianto)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved