Breaking News:

Maluku Terkini

Ini Sosok Wanita Maluku Pertama yang Pernah Dua Kali Ikut Olimpiade Secara Beruntun

Jauh sebelum Tehupeiory, seorang wanita kelahiran Maluku lainnya, pernah dua kali secara beruntun mengikuti pesta olahraga terbesar itu.

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Salama Picalouhata
Kompas.com
Caroline Rieuwpassa 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sosok Alvin Tehupeiory, kini tengah viral karena berhasil mencatatkan namanya di ajang olahraga internasional terbesar di dunia, yakni Olimpiade Tokyo 2020, khususnya cabang olahraga atletik.

Meski belum membuahkan hasil yang maksimal, masyarakat bumi raja-raja tetap bangga dengan prestasi perempuan asal Hutumuri tersebut.

Jauh sebelum Tehupeiory, seorang wanita kelahiran Maluku lainnya, pernah dua kali secara beruntun mengikuti pesta olahraga terbesar itu.

Ialah Caroline Rieuwpassa atau yang kerap disapa Nina, putri asal tanah Haruku, menjadi perempuan Maluku pertama yang mewakili Indonesia di dua ajang olimpiade, yakni Olimpiade Muenchen, Jerman Barat, 1972, dan Olimpiade Montreal, Kanada 1976.

Sepak terjang Nina di Olimpiade dimulai, usai meraih dua perunggu pada Asian Games Thailand 1970 di nomor lari 100 dan 200 meter putri.

Baca juga: Selain Tehupeiory, Berikut Deretan Srikandi Atlet Maluku yang Pernah Mengharumkan Indonesia

Berlaga di nomor 100 meter putri, atlet yang menetap di Makassar itu hanya mampu finis di urutan ke 3 dengan waktu 12,4 detik.

Sementara itu, asa masih ada ketika ia turun di nomor lari 200 meter putri pada Asian games saat itu, namun lagi-lagi Nina harus puas menempati urutan ketiga dibelakang sprinter Jepang dan Filipina, Yamada dan Alane.

Berbekal Perunggu, Nina dapat dengan mulus melaju ke Olimpiade pertamanya di Muenchen, Jerman Barat dan menjadi 1 diantara 6 Punggawa Indonesia di pesta olahraga terbesar itu.

Di Muenchen, Nina mendapatkan pesaing yang lebih berat dari sebelumnya, terbukti ia hanya mampu mencatatkan waktu 12,23 detik di nomor 100 meter putri dan gagal melewati babak pertama.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved