Breaking News:

Global

Seorang Pria yang PP Indonesia-Australia Tularkan Varian Delta di Brisbane

Di hari pertama menjalankan lockdown, negara bagian Queensland dengan ibu kota Brisbane mencatat tiga kasus baru Covid-19.

Editor: Adjeng Hatalea
(Shutterstock/angellodeco)
Ilustrasi varian virus corona Delta. Varian ini pertama kali diidentifikasi di India, sebelumnya dinamai B.1.617.2. Virus corona varian Delta. 

BRISBANE, TRIBUNAMBON.COM - Di hari pertama menjalankan lockdown, negara bagian Queensland dengan ibu kota Brisbane mencatat tiga kasus baru Covid-19.

Salah satunya adalah saudara laki-laki dari seorang resepsionis rumah sakit yang juga positif Ccvid-19 dengan varian Delta.

Dari hasil penelusuran menggunakan metode genome sequencing diketahui jika kasus positif respsionis dan saudara laki-lakinya berasal dari pasien Covid yang sudah bolak balik ke Indonesia.

Tidak dijelaskan apakah orang tersebut adalah warga Australia atau warga Indonesia yang berstatus Permanent Resident (penduduk tetap). Namun perjalanannya keluar masuk Australia menimbulkan pertanyaan dari Wakil Menteri Utama Queensland, Steven Miles.

"Orang [yang sedang dirawat itu] diperbolehkan bolak-balik antara Australia dan Indonesia beberapa kali oleh Pemerintahaan PM Morrison selama pandemi berlangsung," jelasnya.

"Mereka belum divaksinasi dan mereka telah melewati hotel karantina kami beberapa kali," katanya.

"Perbatasan negara tak sepenuhnya ditutup dan orang-orang ini menggusur warga Australia yang sedang benar-benar tertahan di negara lain dan benar-benar ingin pulang ke Australia," katanya.

Warga yang bolak-balik ke Indonesia itu diketahui dirawat di Rumah Sakit Prince Charles di Brisbane dan mengidap varian Delta. Queensland memberlakukan 'lockdown' selama tiga hari mulai Rabu ini (30/6/2021).

Mempertanyakan kebijakan kedatangan luar negeri

Saat ini Pemerintahan Queensland dikuasai oleh Partai Buruh, sementara Pemerintah Federal Australia di bawah pimpinan PM Scott Morrison dikuasai Koalisi Liberal Nasional.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved