Breaking News:

Vaksinasi Covid

Herd Immunity di Maluku Masih Jauh dari Target, Vaksinasi Baru Capai 11 %

Pemerintah menargetkan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Maluku sebanyak 1,5 juta jiwa untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Penulis: Muh Ridwan H Tuasamu | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/Tanita
AMBON Salah satu warga tengah disuntik vaksin Covid-19 di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Jumat (16/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Ridwan Tuasamu

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah menargetkan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Maluku sebanyak 1,5 juta jiwa untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Target tersebut naik dari sebelumnya hanya 1,3 juta jiwa saja lantaran anak-anak usia 12 hingga 17 tahun juga mulai divaksin.

Sayangnya, capaian vaksinasi masih jauh dari target kekebalan kelompok, karena baru menyentuh 11 persen dari sasaran yang ditentukan.

Plh Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Maluku, Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw memaparkan ketersediaan vaksin sangat penting untuk mencapai target.

"Kalau vaksin terus tersedia, bisa capai target," ujar Ritiauw, Rabu (21/7/2021).

Dia menyebut, pihaknya terus melakukan upaya agar jumlah vaksinasi bisa terus meningkat hingga memenuhi target yang diberikan.

Baca juga: Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis, Kodam XVI Pattimura Ambon Targetkan 4 Ribu Warga

Baca juga: Cara Download Sertifikat dan Cek Status Vaksinasi, Akses pedulilindungi.id

Dia melanjutkan, mereka sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan agar segera mendistribusikan stok vaksin ke Maluku.

"Jika vaksin tersedia, program vaksinasi bisa dilakukan," cetusnya

Lanjutnya, [pemerintah sedang brpaya menyediakan vaksin sebelum agar masyarakat tidak kehilangan semangat untuk mengikuti vaksinasi.

Dia berharap seluruh elemen masyarakat bisa terus menjaga semangat mereka untuk sama-sama memutus penyebaran virus Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diharapkan dapat diselesaikan di akhir tahun ini, agar herd immunity dapat segera tercapai.

Pemerintah memiliki rencana melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan target vaksinasi 1 (satu) juta dosis per hari melalui penyediaan vaksin dan logistik vaksinasi COVID-19 yang memenuhi persyaratan mutu, efikasi dan keamanan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved