Breaking News:

Idul Adha 1442 H

Serahkan 60 Hewan Kurban, Richard Louhanapessy Minta Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Pembagian

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyerahkan hewan kurban untuk merayakan Idul Adha 1422 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Pemerintah Kota Ambon
AMBON: Hewan kurban yang terdiri 30 ekor sapid an 30 ekor kambing itu diserahkan secara simbolis oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, dalam apel pagi Tim Satgas Covid 19 Kota Ambon, Sabtu (17/7/2021) pagi di Balai Kota. 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyerahkan hewan kurban untuk merayakan Idul Adha 1422 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Setidaknya 60 ekor hewan kurban yang diberikan Pemkot Ambon.

Hewan kurban yang terdiri 30 ekor sapid an 30 ekor kambing itu diserahkan secara simbolis oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, dalam apel pagi Tim Satgas Covid 19 Kota Ambon, Sabtu (17/7/2021) pagi di Balai Kota.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, penyerahan hewan kurban menjadi partisipasi rutin Pemkot Ambon bagi umat Muslim di Kota Ambon yang merayakan Hari Raya Kurban atau Idul Adha.

“Pemerintah turut berpartisipasi bersama umat muslim, dengan menyerahan hewan kurban baik itu Sapi maupun Kambing sebagai bagian seluruh proses perayaan Idul Adha” ujar Louhanapessy, Sabtu.

Baca juga: Jubir Satgas Covid-19 Ambon Minta Mahasiswa Jangan Demo Dulu

Dia menerangkan, hakekat dasar pemaknaan kurban adalah pengendalian sikap subyektif atau ego dihadapan Allah SWT.

“Ketika Allah SWT meminta Nabi Ibrahim untuk menyerahkan putranya, Nabi melakukannya tanpa kompromi, ini peristiwa spiritual yang dimaknai oleh kita hingga hari ini dalam merayakan Idul Adha,” terangnya.

Terkait dengan pembagian hewan kurban kepada masyarakat, menurutnya, permintaan setiap tahun selalu bertambah, namun kemampuan Pemkot Ambon dari segi anggaran terbatas, sehingga akan diatur secara bijak.

“Saya minta agar pembagian diatur secara arif dan penuh hikmat, untuk kelompok masyarakat mana yang patut kita berikan, terutama dalam situasi pandemi yang sementara kita hadapi,” katanya.

Dia menambahkan, pembagian hewan kurban nantinya harus memperhatikan protokol kesehatan, dimana masyarakat penerima menunggu panitia membagikan kerumah masing – masing.

Baca juga: Update Corona 18 Juli: Sebaran Kasus Covid-19 di Tanah Air Capai 1.832.755, Ada Penambahan 51.951

“Saya mohon nanti kelompok penerima memperhatikan protokol kesehatan, jangan berkerumun, tunggu saja di rumah sementara panitia membagikan langsung. ini dilakukan untuk mencegah terjadi penularan covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Kota Ambon, Fenly Masawoy selaku pelaksana kegiatan, dalam laporannya menjelaskan penyerahan hewan kurban adalah kegiatan rutin Pemkot yang ditujukan bagi kaum dhuafa, anak terlantar dan yatim piatu, dan masyarakat yang terbatas ekonominya namun membutuhkan daging untuk konsumsi.

Dikatakan proses pembagian hewan kurban, dilakukan dalam pengawasan ketat Pemkot Ambon melalui Satgas Covid 19, serta Dinas terkait lainnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved