Breaking News:

Mendagri Minta Bupati Gowa Copot Satpol PP yang Pukul Ibu Hamil: Jangan Menghilangkan Nilai Moril

Mendagri Tito Karnvian mengatakan penindakan terhadap oknum satpol PP telah dilakukan hingga dilakukan pencopotan.

Editor: Citra Anastasia
KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T
Seorang oknum Satpol PP terekam CCTV sedang menganiaya seorang wanita hamil saat menggelar razia PPKM di salah satu warung kopi di Desa Panciro, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNAMBON.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengambil langkah tegas sebagai respons atas kasus penganiayaan satpol PP terhadap ibu hamil di Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (14/7/2021) lalu.

Tito mengatakan, dirinya telah menelpon Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, setelah mendengarkan kabar kekerasan tersebut.

Ia pun memaparkan, dirinya meminta Adnan untuk melakukan pencopotan terhadap oknum satpol PP itu.

Hal itu disampaikannya pada konferensi pers, Sabtu (17/7/2021).

“Kasus di Goa sudah dilakukan penindakan. Saya juga sudah menelepon kepada Bupati, pak Adnan Yasin Limpo, langsung dicopot dan lain-lain,” kata Mendagri.

Baca juga: Sentilan Jokowi untuk Satpol PP yang Pukul Pemilik Warung di Gowa Sulsel: Jangan Keras dan Kasar

Baca juga: VIRAL Video Satpol PP Pukul Ibu Hamil Pemilik Warung Kopi, Korban Dianggap Langgar Aturan PPKM

Tito menegaskan berkaitan dengan PPKM Darurat saat ini, Presiden Jokowi telah memberikan penekanan agar dilakukan dengan cara humanis, santun, manusiawi, tidak berlebihan.

Namun, penertiban tetap harus dilakukan dengan tegas.

“Karena yang namanya mendisiplinkan masyarakat, ditengah perbedaan kultur dan lainnya, maka perlu ada langkah tegas, tapi sekali lagi humanis, santun, manusiawi, dan tidak berlebihan, tidak memakai kekerasan secara eksplisit,” kata Tito.

Ia tidak menampik penertiban rentan mendapat penolakan dari masyarakat. Namun ia menegaskan kepada petugas agar tidak menghilangkan nilai-nilai moril.

“Jangan menghilangkan nilai moril dari kawan-kawan, karena memang ini adalah resiko, yang penting jangan pakai emosi,” ujarnya.

Mendagri juga mengingatkan kepada Kepala Satpol (Kasatpol) PP di seluruh daerah agar tidak sampai mengulang kasus yang sama.

Ka Satpol PP juga diminta agar menjaga moril anggotanya masing-masing.

“Kami sudah rapat dengan seluruh kepala daerah, kepada Ka Satpol PP, Dirjen Adwil yang menangani Satpol PP. Kasatpol PP belajar kasus di Gowa agar jangan sampai terulang kasus yang sama. Kemudian menjaga moril anggotanya masing-masing,” kata Mendagri.

“Kami juga menyampaikan penekanan mengenai tata cara penanganan PPKM dalam rangka penegakan hukum oleh Satpol PP,” lanjutnya.

Baca juga: Siap-siap, Besok Satpol-PP Sosialisasi Penerapan Prokes di Pasar Binaya Masohi

Baca juga: Paksa Terobos Masuk Kantor Gubernur Maluku, Mahasiswa Dipukul Mundur Satpol-PP

(Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Mendagri: Bupati Gowa Harus Copot Oknum Satpol PP Arogan yang Pukul Ibu Hamil"

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved