Breaking News:

Cuaca Ekstrem Maluku

Rawan Bencana, Rumah Marasabessy di Masohi Bakal Direlokasi

Lokasi rumah Fadli Marasabessy di kawasan Pahlawan RT 06, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi, Maluku Tengah, disebut rawan bencana.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Terguling dari tebing, sebuah batu berukuran besar ratakan rumah warga di Kompleks Pahlawan, RT 06, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi. Senin (12/7/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM -  Lokasi rumah Fadli Marasabessy di kawasan Pahlawan RT 06, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi, Maluku Tengah, disebut rawan bencana.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Maluku Tengah, Julius Boro, lokasi tersebut tak layak jadi tempat tinggal.

"Disitu ada tiga batu besar yang menempel di dinding tanah, atas tebing itu. Yang dua disini kita takutkan sewaktu-waktu dia bisa jatuh karena sudah terjadi kekosongan dibawah batu itu," kata Julius kepada TribunAmbon, Kamis (15/7/2021).

Julius melanjutkan, rumah bisa kembali diterjang batu besar apabila pemilik rumah tidak merelokasikan tempat tinggal mereka. 

"Kami sudah minta pemilik rumah untuk merelokasikan tempat tinggal mereka. Tkami sudah bicarakan ke mereka, apakah mereka bersedia atau tidak untuk direlokasi," tambahnya.

Baca juga: Rumah Hancur Diterjang Batu Besar, Marasabessy Hanya Dapat Bantuan Tenda dan Peralatan Dapur

Dia mengemukakan, pemilik rumah sebaiknya pindah ke tempat yang lebih aman.

Dikatakan, pembangunan rumah nantinya dibiayai pemerintah.

"Kami sudah laporkan ke bupati. Mau nanti pihak korban bencana masih tetap tinggal disitu ataupun memilih lokasi lain atau relokasi ataupun tidak, tetap dibiayai. Namun saran saya, warga jangan memilih tinggal disana dengan ancaman bebatuan besar yang menganga dari atas tebing," tuturnya.

Seperti diberitakan, batu berukuran besar melindas habis rumah milik Fadli Marasabessy.

Saat kejadian, Fadly bersama keluarga sedang berada di dalam rumah.

Kini, Marasabessy bersama keluarganya tinggal dirumah tetangganya lantaran rumahnya rusak total dan tidak dapat ditempati lagi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved