Breaking News:

Idul Adha 2021

Antisipasi Kerumunan, Pemerintah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Selama Tiga Hari

Pemerintah mengimbau agar penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha dilaksanakan selama tiga hari.

Editor: Salama Picalouhata
Tribunnews.com/ Dennis Destryawan
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas konferensi pers sidang isbat penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 1442 Hijiriah, secara daring Sabtu (10/7/2021). 

TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah mengimbau agar penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha dilaksanakan selama tiga hari.

Pelaksanaan tersebut untuk menghindari kerumunan saat penyembelihan hewan kurban. Disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Diharapkan penyembelihan hewan kurban ini bisa dilangsungkan dalam tiga hari yaitu tanggal 11,12 dan 13 Zulhijah," ujar Yaqut saat konferensi pers sidang isbat penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 1442 Hijiriah, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Jelang Idul Adha, Lapangan Hatukau Kota Ambon Berubah Jadi Tempat Pengumpulan Hewan Kurban

Baca juga: Hewan Kurban Laris Ditengah Pandemi, Pedagang Kambing di Ambon, Raup Rp. 60 Juta dalam Sepekan

Yaqut berharap penyembelihan hewan kurban sebisa mungkin dilakukan di rumah potong hewan.

Aturan peyembelihan hewan di tempat lain dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di wilayah PPKM Darurat.

Pada SE itu, disebutkan bahwa penyembelihan harus dilakukan di area yang luas dan memungkinkan untuk jaga jarak atau social distancing.

Selain itu, penyembelihan hanya boleh dihadiri oleh petugas penyembelih atau panitia kurban dan disaksikan oleh pihak yang berkurban.

Kemudian, pembagian daging kurban juga harus diantarkan ke warga yang memang berhak menerimanya. Yaqut mengatakan, dilarang ada antrean dalam pembagian daging kurban.

"Penerapan protokol kesehatan dan kebersihan bagi petugas maupun alat yang digunakan juga harus diperhatikan dengan baik," imbuh Yaqut. (*)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved