Breaking News:

Daftar Aplikasi Layanan Telemedicine Isolasi Mandiri untuk Pasien Covid-19

Pemerintah meluncurkan layanan telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri.

Editor: Fitriana Andriyani
Freepik/ABCVector
Pemerintah meluncurkan layanan telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri. 

TRIBUNAMBON.COM - Pasien yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri (isoman), kini bisa memanfaatkan teknologi selama proses karantina berlangsung.

Baru-baru ini, pemerintah meluncurkan layanan telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri.

Menurut Koordinator PPKM Darurat sekaligus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan program itu diharapkan bisa mengurangi tekanan lonjakan pasien atas rumah sakit.

Baca juga: Tips Mengatasi Sesak Napas saat Terinfeksi Covid-19, Bisa Dilakukan ketika Isolasi Mandiri

Baca juga: Panduan Isolasi Mandiri Anak Positif Covid-19, Resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia

"Dengan adanya telemedicine sesuai kriteria yang jelas akan mengurangi beban rumah sakit. Mengenai obat juga kami siapkan di situ," ujar Luhut dalam konferensi pers peluncuran layanan telemedicine untuk pasien isolasi mandiri secara virtual, Senin (5/7/2021).

Sebagai informasi, pasien yang melakukan isolasi mandiri adalah yang tidak memiliki gejala seperti tidak sesak napas, saturasi oksigen di atas 95 persen, dan tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid berbahaya.

Skemanya, bagi masyarakat yang menjalani isoman akibat positif Covid-19 oleh sistem laboratorium yang terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan akan mendapatkan notifikasi di SMS dan WhatsApp.

Akan ada link untuk mengakses aplikasi telemedicine serta mendapatkan kode yang harus dimasukkan di platform sebagai identifikasi sebagai kasus rujukan.

Layanan telemedicine yang ikut dalam program ini sebanyak 11 aplikasi. Berikut daftar aplikasinya:

Baca juga: Kemenkes Gandeng 11 Platform Telemedicine, Paket Obat Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Isolasi Mandiri di Tengah Pandemi Covid-19

1. Yes Dok (https://bit.ly/ISOMAN-YesDok)

Platform menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved