Breaking News:

CPNS 2021

Seleksi CPNS 2021, Kota Ambon Punya Formasi Khusus Penyandang Disabilitas

Pemerintah Kota Ambon menerima penyandang disabilitas yang ingin mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

Kontributor TribunAmbon.com/Helmy
Protokol kesehatan ketat diberlakukan saat pelaksanaan SKB CPNS lingkup Pemkot Ambon. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pemerintah Kota Ambon menerima penyandang disabilitas yang ingin mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

Informasi tersebut tertuang dalam pengumuman Nomor 815/284/SETKOT tentang penerimaan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota Ambon tahun anggaran 2021 yang ditanda tangani oleh Sekretaris Kota Ambon, A. G. Latuheru.

Dalam pengumuman tersebut, Pemkot membuka sebanyak tiga kuota CPNS khusus penyandang disabilitas di tiga Instansi yang berbeda.

Yakni Dinas Kesehatan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ambon dan Dinas koperasi dan usaha mikro.

Baca juga: Pemkot Ambon Buka 387 Formasi untuk CPNS dan PPPK 2021, Berikut Jadwal dan Alur Pendaftarannya

Dinas Kesehatan menerima 1 orang yang dapat mengisi jabatan Analis Gizi pada seksi kesehatan keluarga dan gizi di Bidang kesehatan masyarakat.

Jabatan itu terbuka bagi lulusan Strata 1 kesehatan atau S1 kesehatan masyarakat.

Sementara itu untuk Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon membuka lowongan di Jabatan penyuluh koperasi pada bagian bidang koperasi seksi kelembagaan dan sumber daya manusia koperasi.

Bagi penyandang disabilitas yang ingin melamar diposisi tersebut wajib merupakan lulusan D4 manajemen, S1 administrasi, S1 ilmu pemerintahan atau S1 manajemen.

Sedangkan, pada Sekretariat DPRD Kota Ambon mengalokasikan 1 CPNS di jabatan analis pengaduan masyarakat di bagian pengawasan dan penganggaran subbagian pengelolaan pengaduan dan kode etik.

Lowongan tersebut dikhususkan bagi penyandang disabilitas lulusan S1 ilmu pemerintahan, S1 psikologi social, S1 manajemen kebijakan public, S1 sosiologi bahkan bagi lulusan D4 ilmu pemerintahan.

Pendaftaran CPNS di Kota Ambon sendiri telah dibuka dari Rabu (30/6/2021) hingga Rabu (14/7/2021) melalui website sscasn/bkn.go.id.

Syarat Pendaftaran CPNS Bagi Penyandang Disabilitas

  • Berusia minimal 18 dan maksimal 35 tahun saat mendaftar
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI
  • Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI
  • Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan
  • Bagi penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya.
    Serta, menyampaikan link video singkat yang menunjukan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang dilamar.

Berikut sejumlah dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftar CPNS 2021 di Kota Ambon

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ASLI (WAJIB) dengan ukuran size maksimal 200 kb.
  • Surat lamaran asli dibuat dengan tulisan tangan sendiri pada kertas ukuran A4S dengan tinta hitam menggunakan huruf kapital ditujukan kepada WALIKOTA AMBON di Ambon, bermaterai Rp 10 ribu dan ditanda tangani dengan penda bertinta hitam (format dapat diunduh pada website ambon.go.id) dan wajib dengan ukuran size maksimal 300 kb.
  • Wajib melampirkan Ijazah Asli sesuai kualifikasi pendidikan dengan ukuran size maksimal 600 kb.
  • Transkip Nilai asli sesuai kualifikasi pendidikan
  • Pas Foto close up terbaru berwarna tampak depan berlatar belakang merah (Wajib) berukuran size maksimal 200 Kb.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya. (*)
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved