Breaking News:

PPKM Mikro

Tekan Lonjakan Covid-19 Akibat Varian Baru di Indonesia Jadi Alasan Penerapan PPKM Darurat

Menurut Presiden Joko Widodo, lonjakan kasus yang diakibatkan varian baru virus corona itu menjadi alasan pemerintah mengambil langkah tersebut.

Editor: Adjeng Hatalea
(Dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu saat memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila dari Istana Bogor, Selasa (1/6/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Merespon lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia beberapa waktu belakangan, Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali selama 3-20 Juli 2021.

Menurut Presiden Joko Widodo, lonjakan kasus yang diakibatkan varian baru virus corona itu menjadi alasan pemerintah mengambil langkah tersebut.

"Kita ketahui pandemi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara," kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021).

Jokowi menyebut, keputusan penerapan PPKM darurat ditempuh dengan mempertimbangkan masukan banyak pihak, mulai dari para menteri, ahli kesehatan, hingga para kepala daerah.

Baca juga: Viral di Medsos, Perempuan Ngamuk Anaknya Tidak Dilayani Nakes Rumkit dr. J.A.Latumeten Ambon

Nantinya, PPKM darurat akan membatasi aktivitas-aktivitas masyarakat secara lebih ketat. Presiden pun meminta masyarakat tanpa terkecuali mematuhi peraturan PPKM darurat.

"Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi peraturan ini demi keselamatan kita semuanya," ujar Jokowi.

Pemerintah, kata Jokowi, akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada, mulai dari TNI, Polri, maupun aparatur sipil negara, dokter, dan tenaga kesehatan.

Jajaran Kementerian Kesehatan juga ia minta untuk terus meningkatkan fasilitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, maupun ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, hingga tangki oksigen.

Baca juga: Epidemiolog Sayangkan Isi Aturan PPKM Darurat: Tidak Mencerminkan Situasi yang sudah Sangat Darurat

Presiden pun meminta seluruh jajarannya bekerja sama menjalankan kebijakan tersebut.

Masyarakat juga diimbau untuk memberikan dukungan.

"Saya minta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja-kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19 ini," kata Jokowi.

Dengan kerja sama yang baik, Jokowi yakin laju penularan virus corona di Tanah Air dapat ditekan.

(Kompas.com / Fitria Chusna Farisa / Diamanty Meiliana)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved