Breaking News:

Nasional

Prabowo: Kata Kunci Sistem Pertahanan Kita adalah Perang Rakyat Semesta

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berharap Konferensi Nasional Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) Abad Ke-21 men

Editor: Adjeng Hatalea
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto'> Prabowo Subianto berharap Konferensi Nasional Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) Abad Ke-21 menjadi upaya menyusun produk strategis pertahanan.

Hal itu disampaikan Prabowo saat membuka Konferensi Nasional Sishankamrata Abad Ke-21 yang berlangsung di Universitas Pertahanan (Unhan), Bogor, Jawa Barat, Senin (14/6/2021).

"Konferensi Nasional ini merupakan upaya bersama-sama menyusun produk strategis doktrin Sishankamrata, yang intinya adalah rakyat, kata kunci sistem pertahanan kita adalah perang rakyat semesta," ujar Prabowo, dikutip dari Kemhan.go.id, Selasa (15/6/2021).

Prabowo menjelaskan, Sishankamrata merupakan pertahanan yang bersifat semesta, yakni yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, maupun sumber daya nasional lainnya.

Hal itu dipersiapkan secara dini oleh pemerintah secara total, terpadu, terarah, serta berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

Selain itu, agenda ini juga diharapkan dapat mempertajam doktrin Sishankamrata sebagai panduan. Hal itu supaya pelaksana di lapangan dari semua latar belakang dapat memahami apa yang harus dilakukan dalam upaya pengelolaan Sishankamrata tersebut.

"Saya berharap konferensi nasional ini dapat menghasilkan produk strategis yang dapat diimplementasikan secara tepat dan siap dilaksanakan," tegas Menhan.

(Kompas.com / Achmad Nasrudin Yahya / Dani Prabowo)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved