Breaking News:

Nasional

Prabowo Segera Datangkan 8 Kapal Perang Fregat Buatan Italia

Fincantieri mengeklaim, kesepakatan ini sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara dua Negara di kawasan strategis Pasifik.

(Puspen Mabes TNI)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan kehadiran kapal selam bernama Alugoro-405 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri mengumumkan telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia untuk menyuplai delapan kapal perang jenis fregat.

Dari kesepakatan tersebut, Fincantieri akan menyuplai enam fregat kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale.

"Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program," demikian informasi dari laman Fincantieri dikutip Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Fincantieri mengeklaim, kesepakatan ini sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara dua Negara di kawasan strategis Pasifik.

Selain itu, pembangunan fregat dianggap tidak hanya berdampak signifikan untuk galangan kapal Italia untuk masa mendatang, tetapi juga untuk perusahaan lain di sektor yang sama, misalnya Leonardo.

Bahkan, Fincantieri tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan PT PAL (Persero), sebuah perusahaan berplat merah yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun dua fregat bekas kelas Maestrale akan mulai dikerjakan Fincantieri setelah Angkatan Laut (AL) Italia menghentikan operasional kapal tersebut.

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," kata Fincantieri.

(Kompas.com / Achmad Nasrudin Yahya / Icha Rastika)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved