Breaking News:

Maluku Terkini

Murad Ismail Desak BPBD Selesaikan Pembangunan Rumah Terdampak Gempa di Maluku

Gubernur Maluku, Murad Ismail mendesak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku untuk segera menyelesaikan pembangunan rumah terdamp

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Humas Pemda Maluku
MALUKU: Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Barnabas Orno di Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan dan Evaluasi Terpadu Perbaikan Rumah Rusak Akibat Bencana Gempa Bumi Tahun 2019 di Provinsi Maluku yang berlangsung di lantai VI Kantor Gubernur, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Gubernur Maluku, Murad Ismail mendesak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku untuk segera menyelesaikan pembangunan rumah terdampak gempa Maluku.

Diketahui BPBD Maluku sebagai instansi yang mengkoordinasikan penanganan bencana agar segera melakukan upaya percepatan penyelesaian pembangunan rumah warga yang terkena dampak bencana gempa bumi 6,5 SR di Provinsi Maluku pada 2019 lalu.

Hal ini ia sampaikan Murad saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan dan Evaluasi Terpadu Perbaikan Rumah Rusak Akibat Bencana Gempa Bumi Tahun 2019 di Provinsi Maluku yang berlangsung di lantai VI Kantor Gubernur, Kamis (10/6/2021).

"Dalam rapat ini, saya tegaskan segera dibuat target penyelesaian pembangunan rumah warga yang rusak akibat dampak bencana gempa bumi 2019 lalu. Dan saya minta progressnya segera dilaporkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata dia.

Dia mengaku, ikut bertanggung jawab atas pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pembangunan pasca bencana gempa bumi yang melanda wilayah ini.

"Setelah dana dikucurkan ke Maluku, saya di telepon sama Pak Doni Monardo (mantan Kepala BNPB RI-red). Beliau meminta agar pelaksanaannya benar-benar diawasi. Karena ini uang negara, saya juga ingatkan agar dilaksanakan sesuai dengan apa yang BNPB minta," ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap, rakor ini merupakan suatu upaya rekonsiliasi dan perencanaan, sehingga harus memberi dampak nyata yang dilakukan dengan terarah, cepat dan secara langsung ditempati oleh masyarakat terdampak bencana.

Untuk diketahui, turut dalam rapat tersebut yakni Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB RI, Johny Sumbung dan staf ahli, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Sekda Maluku Kasrul Selang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Bupati Malteng Abua Tuasikal serta sejumlah pihak terkait.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved