Breaking News:

Kasus Korupsi di Maluku

Geledah Hotel Milik Mantan Wakil Bupati Bursel, Jaksa Temukan BB Kasus Korupsi MTQ Pulau Buru

Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buru menggeledah hotel milik Wakil Bupati Buru Selatan, Almarhum Ayub Saleky di Namrole.

Andi Papalia
Tim Penyidik Kejari Buru melakukan pemeriksaan barang bukti kasus korupsi dana MTQ di Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Rabu (9/6/2021) kemarin 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Buru menggeledah hotel milik Wakil Bupati Buru Selatan, Almarhum Ayub Saleky di Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Rabu (9/6/2021) kemarin.

Penggeledahan itu dilakukan dalam rangka mencari alat bukti terkait kasus korupsi dana MTQ XXVII Tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Buru Selatan tahun 2017.

"Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan dan diamankan barang yang diduga terkait dengan perkara," kata Muhtadi kepada TribunAmbon.com, saat dikonfirmasi, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Tak Jadi Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 ODGJ di RSKD Ambon Ditunda

Baca juga: Ratusan Ikan Mati Kampung Kolam Kota Ambon, Tipawael; Air Laut Dalam Kerambah Berbusa

Muhtadi mengatakan, Ayub Saleki juga merupakan Ketua Umum MTQ saat itu. Sehingga, pihaknya melakukan penggeledahan di hotel miliknya.

"Kami melakukan penggeledahan, berdasarkan informasi dari beberapa saksi. Benar, di dalam hotel ada kursi, meja, sofa, tenda dan beberapa peralatan lain," ujar Muhtadi.

Lanjutnya, diduga semua barang itu berasal dari hasil korupsi dana MTQ XXVII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2017.

"Menurut para saksi semua barang itu berasal dari dana MTQ," jelasnya.

Pihaknya akan melakukan pendataan dan pemeriksaan bersama Pemda Bursel dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ).

"Seluruh aset ini nantinya kami catat, untuk penataan aset agar  bisa dikelola dengan benar," ujar dia.

Seperti diberitakan, pada tahun 2017, terdapat pemberian hibah uang kepada LPTQ Kabupaten Bursel senilai Rp 26.270.000. 000,00 untuk pelaksanaan kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Maluku XXVII.

Pemberian hibah ini berdasarkan permohonan proposal dari LPTQ kepada bagian keuangan BPKAD pada tanggal 3 Februari 2017.

Namun, proposal tersebut tidak disertai dengan rencana penggunaan dana.

Penyaluran dilakukan dalam dua tahap, masing-masing senilai Rp13. 135.000.000,00, dari bendahara pengeluaran BPKAD ke rekening LPTQ Kabupaten Bursel.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Maluku, ada dana sekitar Rp 10.684. 681.624,00 yang tak bisa dipertanggungjawabkan. (*)

Penulis: Andi Papalia
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved