Breaking News:

Maluku Terkini

Serah Terima Camat Fena Leisela, Kabupaten Buru Maluku, Sekda; Mesti Bangun Komunikasi

Muhamad Luhulima selaku Camat Fena Leisela diganti Muhamad Luhulima sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Camat.

TribunAmbon.com/ Andi Papalia
Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid posisi tengah, saat berpose di depan kantor Kecamatan Fena Leisela bersama PLT Camat dan Mantan Camat, Rabu (9/6/2021) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kecamatan Fena Leisela menggelar upacara serah terima jabatan Camat, di kantor Kecamatan Fena Leisela, Kabupaten Buru.

Muhamad Luhulima selaku Camat Fena Leisela diganti Abdul Haris Salasiwa sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Camat.

Serah terima itu dipimpin langsung Sekertaris Daerah M. Ilias Hamid, Rabu (9/6/2021).

Dalam sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid mengatakan harus sering melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru dan dapat bekerja sama, baik dengan instansi resmi, Muspida dan masyarakat Fena Leisela.

"Saya berharap Camat baru ini bisa dapat bekerja sama, baik dengan instansi resmi, Muspida dan masyarakat Fena Leisela," katanya

Hamid pun menjabarkan sejumlah tugas yang harus dilaksanakan diantaranya menyelenggarakan program pemberdayaan desa dan pemberdayaan sosial, melakukan kordinasi, baik dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD), Inspector maupun instansi lainnya yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Buru.

Baca juga: Gaji Ditahan, ASN Disnaker Kepulauan Aru Maluku Protes, Tidak Sesuai Mekanisme

Baca juga: Kemenkeu Maluku Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah Bagi 5 Sekolah di Kabupaten Maluku Tengah

"Tugas anda yang lain adalah untuk melakukan penegakan regulasi, terutama peraturan daerah dan peraturan Bupati, karena wibawa daerah ada di situ," Kata Hamid

Lanjutnya, regulasi yang dikeluarkan berupa peraturan daerah maupun regulari dikeluarkan oleh Bupati, itu merupakan hal-hal yang dapat dijadikan sebagai dasar, atau landasan hukum yang bisa mengikat dan memaksa.

“Seringlah anda berkoordinasi dengan BPMD, karena terkait dengan fungsi Camat yaitu, membina dan mengawasi pelaksanaan kegiatan yang ada di desa,” ujarnya.

“Karena, anda merupakan subtansi dan bagian dari pada alasan pembinaan maupun realisasi DD/ADD yang dilaksanakan di desa, untuk itu sering berkoordinasi dan komunikasi dengan stakecholder yang merupakan subsistem pemerintah daerah Kabupaten Buru,” tambahnya. (*)

Penulis: Andi Papalia
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved