Breaking News:

Maluku Terkini

Puluhan Guru MTs, MI dan MA di Kota Masohi Ikut Diklat Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar

Balai Diklat Keagamaan Ambon menggelar Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah Tahun

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Lukman
MALUKU: Puluhan guru tampak serius mengikuti pembukaan Diklat Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar, wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021. Gedung Iklas Beramal Kemenag Maluku Tengah, Masohi, Senin (7/6/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Balai Diklat Keagamaan Ambon menggelar Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021.

Pelatihan itu diikuti puluhan Guru dari Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah IBtidaiyah (MI) dan Madrasah Aliyah (MA) di gedung Iklas Beramal, Kementerian Agama Maluku Tengah, pada Senin (7/6/2021).

Ketua Panitia Diklat Idris Kelihu mengatakan, saat ini Balai Diklat berupaya maksimal meningkatkan kompetensi guru madrasah melalui kegiatan teknis diklat substantif peningkatan kompetensi kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Menurutnya, dari 30 orang peserta yang mengikuti diklat, diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya, kedisipilinan yang telah diterapkan selama diklat berlangsung bisa menjadi pelajaran dan kebiasaan pribadi  agar dapat mendedikasikan hal itu di lembaga sekolah.

"Saya berharap ilmu yang telah didapat agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, juga kedisipilinan yang telah diterapkan selama diklat berlangsung agar bisa dipertahankan," ungkap kata Idris kepada wartawan di sela kegiatan.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan substantif itu dapat berkelanjutan kedepanya bagi guru yang belum mengikuti.

Dia menyebutkan, kegiatan diklat dilaksanakan selama enam hari terhitung Senin hingga Sabtu 12 Juni akhir pekan besok.

“Kegiatan enam hari terhitung hari ini tanggal 7-12 Juni,”tutur Kasubag TU Balai Diklat Keagamaan Ambon itu.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama M. Hanafi Rumatiga dalam sambutanya yang dibacakan Kasi Penyelenggara Haji/Umroh Kemenag Maluku Tengah, Rahman Sanaky mengatakan, pelatihan itu merupakan sebuah program dengan metode yang memadukan pendidikan dan latihan secara efisien dan efektif dalam waktu yang relatif singkat.

Tujuannya yakni untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bagi individu pegawai atau anggota organisasi dalam melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien sesuai tuntutan kebutuhan organisasi.

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan di wilayah kerja, khususnya pada wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah kali ini, lebih menitik beratkan terkait dengan tugas pokok dan fungsi guru.

Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar adalah proses pengumpulan informasi atau data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.

“Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan kepada seluruh peserta pelatihan, bahwa saudara-saudara akan dibekali dengan berbagai materi yang sangat penting dalam . pelaksanaan tugas guru, nantinya akan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar,” pesan Rumatiga.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved