Breaking News:

Maluku Terkini

Soal Siaran TV, Ritiauw; Tayang Saat Orang Sudah Tidur

Menurutnya, televisi swasta sudah menayangkan konten lokal, namun hanya berupa siaran lama dan ditayangkan diluar jam produktif.

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Dedy Azis
Benico Ritiauw, Komisioner KPID terpilih, Jum'at (4/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Komisioner terpilih Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Maluku, Benico Ritiauw mendorong TV swasta agar menonjolkan konten lokal sesuai amanat undang-undang berdasarkan Indeks Kualitas Penyiaran Televisi yang diadakan beberapa waktu lalu.

"Penyiaran televisi swasta terkait konten lokal kurang ditonjolkan," ujar Ritiauw kepada TribunAmbon.com, di salah satu cafe, Jl. Ir. M. Putuhena, Teluk Ambon, Ambon. Jum'at (4/6/2021) sore.

Menurutnya, televisi swasta sudah menayangkan konten lokal, namun hanya berupa siaran lama dan ditayangkan diluar jam produktif.

"Awalnya mereka menayangkan konten lokal hanya 10 persen itupun di jam yang tidak produktif, tayang saat orang sudah tidur, dan siarannya siaran lama," kata dia.

Lanjutnya, saat ini Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 telah mengalami perubahan, terkhusus mengenai lama penayangan konten lokal. Yakni menjadi 20 persen dari sebelumya hanya 10 persen konten lokal.

Baca juga: Batasi Jurnalis, IJTI Maluku Menduga RR & AH Sembunyikan Sesuatu Dari Publik

Baca juga: Peringati Hari lingkungan Hidup, ISSI Ambon Kumpulkan 20 Kantong Plastik Sampah dari Pantai Laha

"Patokannya ya itu, undang-undang 32 yang diubah saat Omnibus law terkait penyiaran lokal harus 20 persen. Maka dari itu, TV swasta juga harus betul-betul memaksimalkan konten lokal dan jam tayangnya," katanya.

Dia mengakui, 20 persen konten lokal bukan hal mudah yang harus disiapkan televisi swasta didaerah.

Meski begitu, KPID Maluku akan mendorong hal tersebut, tentunya dengan dibantu oleh seluruh elemen masyarakat dalam rangka edukasi pada tayangan televisi.

“Meskipun berat dan kompleks, selama tiga tahun kedepan kami akan perjuangkan itu,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved