Breaking News:

Ambon Hari Ini

Di Manasuka Peace Fest, Maria Thenu Teriak Minta Kesetaraan Fisik Bagi Perempuan Disabilitas

Pasalnya, wanita penyandang disabilitas yang sehari-harinya berprofesi menjadi guru paud ini kerap mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Dedy Azis
Maria Thenu, Perwakilan HWDI Maluku 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) minta kesetaraan fisik diberlakukan di Kota Ambon.

Aspirasi tersebut disampaikan saat talkshow Manasuka Peace Fest di kawasan Gong Perdamaian, Jl. Pattimura, Kecamatan Sirimau, Ambon. Sabtu (29/5/2021) sore.

"Kalau Boleh saya minta, keragaman bukan hanya soal agama, suku atau ras, tapi juga keragaman kesetaraan fisik," ujar Maria Thenu, Perwakilan HWDI Maluku.

Pasalnya, wanita penyandang disabilitas yang sehari-harinya berprofesi menjadi guru paud ini kerap mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan di ditengah aktifitas di kota berjuluk manise itu.

"Saya sangat prihatin dengan kaum disabilitas di Maluku ini, karena kebanyakan kami ini selalu disudutkan," kata dia.

Ia pun sedikit menceritakan tentang pengalamannya pribadi yang mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan saat mengantri di salah satu bank swasta di Kota Ambon.

Baca juga: Travel Penyedia Hasil Rapid Antigen dan GeNose Palsu Ramai Pengunjung Satu Bulan Terakhir

Baca juga: Undang 21 Komunitas Ambon, Manasuka Indonesia Gelar Festival Perdamaian

"Saya pernah mengantri di salah satu bank swasta di Ambon, ketika saya sudah berada di depan, security menyuruh saya kebelakang dengan alasan karena saya bertingkat," ujar Maria.

Bahkan ia mendapat penolakan hingga 9 kali, hanya karena ia bertingkat.

"Kami penyandang disabilitas seharusnya mendapat perlakuan yang sama, kami juga bagian dari bangsa ini, bagian dari masyarakat Kota Ambon," kata dia

Selain itu, Maria juga meminta agar pemerintah kota Ambon menyediakan jalur pedestrian untuk penyandang disabilitas di Kota Ambon. (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved