Breaking News:

Maluku Terkini

Tinjau Lokasi Terdampak Cuaca Buruk, Hehanussa Sebut Kawasan Gadihu Paling Terdampak

Hujan yang terus mengguyur menyebabkan longsoran yang menghancurkan dua rumah warga yakni milik Kamel Taslim dan Arey Said.

TribunAmbon.com/ Mesya Marasabessy
Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanussa 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Kawasan Gadihu, Kebun Cengkeh, Kecamatan Sirimau disebut menjadi salah satu wilayah paling terdampak cuaca buruk yang kini tengah terjadi di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya.

Hal itu dikatakan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku setelah melakukan peninjauan lapangan.

"Komisi III bersama dengan mitra kerja kami telah melakukan on the spot beberapa waktu lalu di sejumlah lokasi di Kota Ambon," kata Hatta Hehanussa kepada wartawan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Maluku, Jumat (28/5/2021) sore.

Hujan yang terus mengguyur menyebabkan longsoran yang menghancurkan dua rumah warga yakni milik Kamel Taslim dan Arey Said.

Lanjutnya, pasca kejadian longsor, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku bersama Badan Bencana Daerah (BBD) Maluku telah melakukan penanganan.

"Untuk longsor di Gadihu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku bersama Badan Bencana Daerah (BBD) Maluku telah mengambil langkah inisiatif untuk segera dilakukan penanganan saat itu juga," ungkapnya.

Baca juga: Tumpukan Sampah di Kota Namlea Mulai Diangkut, Hentihu Pastikan Selesai Sebelum Subuh

Baca juga: 182 Warga Negara Asing Menyebar di Maluku, 53 Orang Punya Ijin Tinggal Tetap

Selain itu, DPRD telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Jalan untuk menangani sistem drainase di kawasan Waiheru, mengingat kerap terjadi luapan air yang menggenangi badan jalan ketika hujan deras mengguyur.

"Saat kita turun ke lokasi, ternyata selokan disitu terlalu kecil sementara volume air hujan cukup tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi banjir kalau dilanda hujan deras. Namun saluran itu tepat berada diatas jalan nasional sehingga itu menjadi kewenangan mereka," jelasnya.

Selain dua lokasi itu, DPRD juga telah melakukan peninjauan di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon yang juga terdampak cuaca buruk.

“Semua hasil tinjauan tersebut sedang dalam proses koordinasi,” tandasnya. (*)

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved