Breaking News:

Advertorial

Percepat Layanan Gangguan, PLN Kini Miliki Command Center di Wilayah Maluku & Maluku Utara

Manager Pengendalian Operasi Sistem Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Maryudin Saleh menuturkan cara kerja

Penulis: Adjeng Hatalea | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Adjeng Hatalea
Aktivitas memantau laporan gangguan kelistrikan di Command Center PLN ULP Ambon Kota, Jumat (28/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara (MMU) kini mempunyai Command Center yang mampu mempercepat pelayanan gangguan kelistrikan di daerah tersebut.

Keberadaan Command Center juga diyakini sebagai sarana pendukung Transformasi PLN pada Aspirasi Customer Focused guna meningkatkan kepuasan layanan pelanggan serta meminimalisir respond and recovery time terkait penyelesaian pengaduan.

Manager Pengendalian Operasi Sistem Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Maryudin Saleh menuturkan cara kerja di Command Center.

Dia mengatakan, saat terjadi gangguan kelistrikan, laporan dari pelanggan akan termonitor secara langsung oleh petugas yang berada di Command Center.

Lokasi pelapor akan terdeteksi di layar monitor dan petugas akan segera mengirimkan regu ke lokasi tersebut.

TribunAmbon.com berkesempatan melihat langsung pelaporan pelanggan yang terbaca di Command Center.

Terlihat satu contoh kasus pelaporan gangguan dari pelanggan. Durasi yang dibutuhkan dari pelaporan itu sendiri hingga penugasan regu ke lapangan dibutuhkan setidaknya enam menit.

Baca juga: 182 Warga Negara Asing Menyebar di Maluku, 53 Orang Punya Ijin Tinggal Tetap

Baca juga: Polisi Amankan Empat Pelaku Pembawa Minyak Ilegal Asal SBB di Pulau Buru

Command Center PLN ULP Ambon Kota, Jumat (28/5/2021).
Command Center PLN ULP Ambon Kota, Jumat (28/5/2021). (TribunAmbon.com/ Adjeng Hatalea)

“Petugas standby di Posko masing-masing. Kalau ada gangguan langsung mereka turun,” ujar Maryudin kepada Wartawan di Command Center PLN ULP Ambon Kota, Jumat (28/5/2021).

Kata dia, Command Center layaknya dapur PLN yang telah terintegrasi semua sistem pelayanan.

“Langkah kami mengefektifkan penanganan gangguan atau pelayanan. Kita integrasikan semua sistem. Jadi, sekarang sudah terpusat. Seperti apa sih kondisi saat ini, kami berupaya mengoptimalkan pelayanan ya di dapur ini,” sambungnya.

Adapun masing-masing kawasan di Maluku dan Maluku Utara telah memiliki Command Center.

Misalnya, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), yakni di UP3 Ambon, UP3 Masohi, UP3 Ternate, UP3 Tual, UP3 Sofifi, UP3 Saumlaki dan UP3 Tobelo.

Dia berharap, dengan adanya Command Center ini semua gangguan kelistrikan yang dilaporkan bisa mendapatkan penanganan lebih cepat.
“Jadi harapannya penanganan gangguan yang berasa dari laporan pelanggan dapat ditindaklanjuti dengan waktu penanganan yang lebih cepa,” tandasnya.

Sementara itu, Assistant Manager Contact Center PLN UIW MMU, Nur Mirna Loblobly menyampaikan, untuk melaporkan adanya gangguan kelistrikan, pelanggan bisa melakukannya melalui Aplikasi PLN Mobile.

Menurutnya, Command Center ini juga terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile di sisi pelanggan.

“Command Center ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan dalam pelayanan penanganan gangguan kelistrikan yang lebih cepat. Jadi ketika pelanggan melaporkan gangguan melalui aplikasi PLN Mobile, akan masuk laporannya ke Command Center ini untuk kemudian ditindaklanjuti. Semua akan termonitor, dari waktu masuknya laporan hingga penyelesaian gangguan oleh petugas”, ujar Mirna.

Petugas di Command Center PLN ini sendiri standby 1x24 jam untuk menerima dan meneruskan laporan dari pelanggan kepada petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang berada di lapangan yang juga dibekali dengan aplikasi Yantek Mobile.

“Jadi semua terintegrasi, dari mulai PLN Mobile di sisi pelanggan, kemudian Aplikasi Pelayanan Keluhan Terpadu (APKT) untuk petugas di Command Center dan Yantek Mobile untuk petugas Yantek di lapangan”, tambah Mirna.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved