Breaking News:

Berikut Cara Mengkoreksi Arah Kiblat saat Matahari Tepat Berada di Atas Kabah

Pada tanggal 26-28 Mei 2021 matahari tepat berada di atas Masjidil Haram atau Ka'bah di Kota Mekah, begini cara mengkoreksi Arah Kiblat.

The-faith.com
Kiblat 

TRIBUNAMBON.COM - Berikut ini cara mencocokan arah kiblat ketika matahari tepat di atas Ka'bah pada tanggal 26 hingga 28 Mei 2021.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengungkapkan bahwa pada tanggal 26 hingga 28 Mei 2021 matahari akan tepat di atas Masjidil Haram atau Ka'bah di Kota Mekah, Arab Saudi.

Peristiwa tersebut hanya berlaku untuk wilayah Indonesia bagian tengah dan barat.

Umat Islam dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengecek kembali arah kiblat saat salat.

"Kesempatan nih sobat untuk mengkoreksi arah kiblat kamu karena mulai tgl 26-28 Mei 2021 Matahari tepat berada di atas Ka'bah. Ikuti petunjuknya di infografis yah." tulis postingan Instagram @infobmkg.

Baca juga: CARA Melihat Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Ini Rekomendasi BMKG

Ahli Ilmu Falak atau Astronomi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Dr. Muh. Nashirudin, menjelaskan bahwa hal ini merupakan salah satu hikmah perpindahan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.

"Dalam ilmu falak, kita mengenal ini sebagai Istiwa' A'dham, atau Rashdul Qiblah Global," ujar Nashirudin, saat dikonfirmasi Tribunnews.com.

"Salah satu hikmah perpindahan adalah matahari tepat di atas Ka'bah atau melintasi Masjidil Haram yang itu bisa menjadi sarana untuk menentukan arah kiblat terutama di Indonesia," tambahnya.

Jika pada tanggal 26 hingga 28 Mei 2021 cuaca tidak memungkinkan, mendung atau hujan yang menghalangi sinar matahari, pengecekan dapat dilakukan pada bulan Juli 2021 nanti.

Pengecekan arah kiblat dapat dilakukan dengan menggunakan benda tegak lurus atau tali berbandul di tempat yang datar dan terkena sinar matahari.

Halaman
12
Editor: sinatrya tyas puspita
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved