Breaking News:

Maluku Terkini

Dishub Maluku Tengah Akan Tertibkan Mobil Pangkalan Pelat Hitam

Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah bakal menertibkan mobil berplat hitam yang mengangkut penumpang di sepanjang Jalan Utama Abdullah Soulissa.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Salama Picalouhata
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Kadis Perhubungan Maluku Tengah, Yosman Pabisa Bersama Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi launching pengoperasian jaringan trayek angkutan umum di Terminal Binaya Masohi, Selasa (25/5/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah bakal menertibkan mobil berplat hitam yang mengangkut penumpang di sepanjang Jalan Utama Abdullah Soulissa, Kota Masohi.

"Kami tidak bisa langsung menertibkan. Tapi memang akan ada pembicaraan kesana," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah, Yosman Pabisa, Selasa (25/5/2021).

Dia juga menegaskan, pihaknya secara tegas akan melakukan penertiban terhadap mobil-mobil pangkalan yang selama ini beroperasi di sejumlah wilayah.

Baca juga: Penambang Liar Kembali Serbu Gunung Botak, Polda Maluku Minta Bantuan Pemerintah Daerah

Baca juga: Tersinggung Perkara Tanah Picu Pukul Saudara Sendiri, Latumeten Dibawa ke Pengadilan Negeri Ambon

"Disitu ada mobil antar Kabupaten, seperti Masohi-Bula-Piru dan wilayah Selatan Tehoru sampai Telutih. Padahal trayeknya di terminal kan ada,"ujarnya.

Dia menambahkan, sudah ada perbaikan jaringan trayek sehingga mobil angkutan yang selama ini beroperasi harus mendapatkan perhatian lebih.

Pasalnya, selama beroperasi mereka membayar distribusi sesuai regulasi yang ada.

Lanjutnya, sementara mobil pangkalan tidak memberikan retribusi apapun.
.
"Kalau kita tagih retribusi ke mereka yang ada kita pungli, karena kan belum ada aturannya," ujarnya.

Disebutkan, pengoperasian jaringan trayek angkutan penumpang umum itu merupakan bentuk tanggung jawab moral bersama untuk merubah wajah buram potret lalulintas di kota itu.

Mencermati sistem transportasi lalu lintas dan angkutan jalan di kota Masohi saat ini menunjukan bahwa sistem pelayanan jaringan trayek masih bersifat konvensional, belum tertata dengan baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved