Breaking News:

Nasional

Tingkatkan Akurasi Data Penyaluran Bansos, Kemensos Manfaatkan Sistem Digital

Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) berupaya meningkatkan akurasi data penyaluran bantuan sosial (bansos) dengan memanfaatkan sistem

Editor: Adjeng Hatalea
(DOK. Humas Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri sidak di Kementerian Sosial (Kemensos), Salemba, Jakarta, Selasa (18/5/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) berupaya meningkatkan akurasi data penyaluran bantuan sosial (bansos) dengan memanfaatkan sistem digital.

“Betul, kami menata dan menyiapkan perangkat lunak atau software. Siapa pun tidak bisa merubah data dari penerima bansos, ” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima usai sidak di Kemensos, Salemba, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma menjelaskan, secara teknis pihaknya telah menyiapkan sebuah tautan atau link.

Tautan tersebut disalurkan dari Kemensos kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), lalu kepada PT Pos Indonesia, kemudian ke bank.

Dari bank akan di-input oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk mendukung pengiriman data agar lebih cepat, kata Risma, akan ada jaringan backbone guna menambah bandwith yang akan difasilitasi oleh PT Telkom Indonesia.

Baca juga: Risma Usul Terorisme Masuk RUU Penanggulangan Bencana, Ini Alasannya

“Dari Dukcapil ke Kemenkeu, lalu ke bank dan kembali ke kami. Tinggal tekan yes, semua berjalan secara otomatis tanpa ada peran manusia lagi,” ujar mantan Wali Kota Surabaya itu.

Risma mengaku, terdapat keuntungan menggunakan software penyaluran bansos.

Selain mengurangi peran manusia, software juga dapat menekan potensi penyalahgunaan oleh pihak-pihak tertentu.

Adapun penggunaan software dalam input data penerima bansos akan kembali lagi pada Kemensos, usai dilakukan verifikasi-validasi dikirimkan kepada pihak bank.

“Input data yang sudah diverifikasi-validasi lalu dikirim bank kepada kami untuk selanjutnya diterima oleh para penerima bansos, ” imbuh Risma.

(Kompas.com / Dwi Nur Hayati / Amalia Purnama Sari)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved