Breaking News:

Nasional

Stok Cukup Hingga Juni 2021, Menkes Minta Vaksinasi Covid-19 Dipercepat, Terutama bagi Lansia

Budi memastikan jumlah vaksin Covid-19 yang masuk ke Indonesia saat ini mencukupi untuk kebutuhan vaksinasi pada Mei dan Juni 2021.

Editor: Adjeng Hatalea
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN), Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/9/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kembali dipercepat.

Budi memastikan jumlah vaksin Covid-19 yang masuk ke Indonesia saat ini mencukupi untuk kebutuhan vaksinasi pada Mei dan Juni 2021.

"Setelah kita agak mengurangi laju vaksinasi karena jumlah vaksin di akhir April (sedikit) dan masuk bulan Ramadhan serta Lebaran, ini saatnya kita kembali menggenjot vaksinasi," ujar Budi, dalam konferensi pers seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Senin (17/5/2021).

Budi meminta pemerintah daerah memaksimalkan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia).

Menurut Budi, saat ini sejumlah daerah mencatat kenaikan kasus kematian lansia karena belum divaksinasi, salah satunya di Yogyakarta.

"Karena di Yogyakarta banyak lansia dan mereka banyak yang belum divaksinasi. Karena banyak yang masuk RS dan wafat adalah orangtua kita. Itu harus kita lindungi," tutur Budi.

Budi menyebutkan, vaksinasi terhadap lansia paling banyak dilakukan di DKI Jakarta dan bali. Kondisi ini diharapkan bisa mengurangi jumlah lansia yang masuk RS dan wafat.

"Pastikan vaksinasinya ditingkatkan lagi, diperbanyak lagi terutama untuk para lansia sebab merekalah yang paling rentan. Tingkat masuk RS tinggi dan fatal," ucap Budi.

(Kompas.com / Dian Erika Nugraheny / Kristian Erdianto)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved