Breaking News:

Idul Fitri 1442 H

Saling Baku Jaga, Maluku Satu Rasa Salam Sarani Jaga Salat Ied di Kota Ambon 

Tak hanya di masjid terbesar di Kota Ambon itu saja, penjagaan juga dilakukan di Masjid Nurul Hidayah Latta, Kecamatan Teluk Ambon.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbom.com/Tanita
AMBON: Organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarani Provinsi Maluku melakukan penjagaan saat sholat Ied 1 Syawal 1442 H di Masjid Raya Alfatah Kota Ambon, Kamis (13/5/2021) pagi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Organisasi Masyarakat (Ormas) Satu Rasa Salam Sarani (M1RSS) Provinsi Maluku membantu menjaga keamanan pelaksanaan Salat Ied di Kota Ambon.

Sekretaris DPD Maluku Satu Rasa Salam Sarani Provinsi Maluku, Diana Jamlaay mengatakan, pengamanan dilakukan agar umat Muslim di Kota bertajuk manise ini dapat menjalankan ibadahnya dengan lancar.

“Tidak ada alasan lain hanya ingin mempererat, merangkul dan mempersatukan salam sarani di kota ambon, khususnya Maluku dan Indonesia pada umumnya,” kata Diana kepada tribunambon.com saat tengah melakukan penjagaan di Masjid Raya Al Fatah, Kota Ambon, Kamis (13/5/2021) pagi.

AMBON: Organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarani Provinsi Maluku melakukan penjagaan saat sholat Ied 1 Syawal 1442 H di Masjid Raya Alfatah Kota Ambon, Kamis (13/5/2021) pagi...
AMBON: Organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarani Provinsi Maluku melakukan penjagaan saat sholat Ied 1 Syawal 1442 H di Masjid Raya Alfatah Kota Ambon, Kamis (13/5/2021) pagi... (TribunAmbom.com/Tanita)

Tak hanya di masjid terbesar di Kota Ambon itu saja, penjagaan juga dilakukan di Masjid Nurul Hidayah Latta, Kecamatan Teluk Ambon.

“Kalau DPD Maluku ada di dua lokasi, AL Fatah dan Nurul Hidayah di Latta. Kami bagi dua, jadi dari batu merah lari kesana pengamanan di latta. Jadi kalau batu merah lari ke kota pengamanan di Al Fatah,” tambahnya.

Diana menjelaskan, tak hanya saat Salat Ied saja, namun penjagaan dilakukan sejak malam takbiran, Rabu (12/5/2021) malam.

“Kalau tadi malam sekitar 50an di alfatah dan sama dengan di Nurul Hidaya Latta. Kalau pagi ini sekitar 20 an orang saja,” jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi agenda rutin di setiap acara keagamaan, baik untuk umat Islam maupun Kristen.

“Kami setiap tahun akan mengadakan pengamanan sebagai saudara bersaudara sarani.

Jadi, sudah merupakan salah satu agenda tetap DPD Provinsi Maluku setiap acara keagamaan dari Basudara Salam berarti saudara sarani yang turun langsung. Sebaliknya kalau sarani yang punya acara berarti basudara salam yang turun berpartisipasi sama-sama,” tambahny.

Pantauan tribunambon.com, ormas bernafaskan persaudaraan ini mulanya melakukan penjagaan di bagian pintu masuk Masjid Raya Al Fatah.

Ketika salat akan dimulai sekitar pukul 07.35 WIT, mereka bergeser ke beberapa titik di bagian samping masjid agar tidak mengganggu ibadah yang dilakukan.

Sekitar pukul 08.20 usai Salat Ied penjagaan masih terus dilakukan oleh M1RSS ini.

“Kami masih akan melakukan penjagaan sampai sholat eid usai sekitar siang hari,” tandasnya.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved