Breaking News:

Ambon Terkini

DPRD Bakal Usul Pembangunan PJU-TS di Karpan

Pasalnya, beberapa titik di kelurahan setempat belum memiliki lampu penerangan di jalan umum, terutama di RT.003 RW.02. 

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbom.com/Mesya
AMBON: Anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw di Karang Panjang, Ambon (11/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw berinisiatif mengusulkan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kelurahan Karang Panjang (Karpan) Kecamatan Sirimau, Ambon.

Pasalnya, beberapa titik di kelurahan setempat belum memiliki lampu penerangan di jalan umum, terutama di RT.003 RW.02. 

Untuk itu, menurutnya, perlu adanya sarana penerangan di kawasan tersebut.

"Aspirasi ini disampaikan saat saya melakukan pertemuan bersama dengan tokoh agama di jemaat GPM Imanuel unit 3, sektor 1 kelurahan Karpan RT.003, RW.02, minggu kemarin," kata Upulatu kepada wartawan, Selasa (11/5/2021) pagi. 

Ia menjelaskan, tiang lampu PJU merupakan sarana dan prasarana umum yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada setiap sudut jalan raya atau pun jalan umum lainnya, sehingga pada malam hari jalanan tersebut tidak gelap.

Dia melanjutkan, pemasangan PJU-TS merupakan program nasional. 

Untuk itu, perlu ada pemahaman serta dukungan terhadap pelaksanaan program tersebut sebagai upaya bersama dalam pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan memberikan penghematan biaya listrik bagi pemda. 

"Program ini juga wujud program bersama untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat," ujarnya. 

Tidak hanya itu, tambah dia, dalam pertemuan tersebut, warga jemaat setempat juga meminta agar dibangun drainase, serta mengusulkan adanya program pemberdayaan masyarakat lewat pendanaan untuk usaha kecil menengah (UKM).

"Aspirasi ini telah saya tampung dan akan diusulkan. Namun untuk tahun ini, saya usulkan pemasangan PJU-TS. Sementara untuk pembangunan drainase dan program pemberdayaan itu akan diusulkan di tahun anggaran berikutnya," tandas Upulatu.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved