Breaking News:

Global

Brasil Kekurangan Vaksin Covid-19 Jelang Suntikan Dosis Kedua

Brasil mengalami kekurangan vaksin Covid-19 di beberapa kota besar, sehingga harus menangguhkan pemberian dosis kedua.

(AFP/NOEL CELIS)
Calon vaksin corona Covid-19 buatan Sinovac Biotech dipamerkan di China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) di Beijing, Minggu (6/9/2020). 

BRASILIA, TRIBUNAMBON.COM - Brasil mengalami kekurangan vaksin Covid-19 di beberapa kota besar, sehingga harus menangguhkan pemberian dosis kedua.

Hal tersebut diumumkan pihak berwenang dan laporan-laporan media pada Senin (3/5/2021) sebagaimana diwartakan AFP.

Sebanyak 7 dari 26 ibu kota negara bagian Brasil berhenti menyuntikkan vaksin Sinovac karena kurangnya stok, menurut situs berita G1.

Kemudian Rio de Janeiro kota terbesar kedua di Brasil, pada Sabtu (1/5/2021) mengumumkan mereka menghentikan penyuntikan dosis kedua vaksin corona selama 10 hari.

Rio de Janeiro lalu merevisi jadwal imunisasinya untuk memastikan penyuntikan tetap berdasarkan kategori usia.

Kota berpenduduk 6,7 juta orang itu baru melanjutkan suntikan dosis kedua pada Senin (3/5/2021) dengan usia penerima di atas 70 tahun.

Namun orang-orang berusia di bawah 60 tahun termasuk tenaga kesehatan, harus menunggu 2-12 hari lagi yang artinya melebihi interval 28 hari sejak dosis pertama.

Ibu kota lain yang menangguhkan dosis kedua termasuk kota-kota besar seperti Belo Horizonte dan Porto Alegre, masing-masing berpopulasi 2,5 juta dan 1,5 juta penduduk.

Lebih dari separuh ibu kota negara bagian Brasil saat ini kekurangan vaksin virus corona jelang penyuntikan dosis kedua tepat waktu, menurut surat kabar Folha de Sao Paulo.

Covid-19 di Brasil telah merenggut lebih dari 400.000 nyawa, terbanyak kedua setelah Amerika Serikat (AS), dan sedang berjuang memvaksinasi 212 juta rakyatnya.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved