Breaking News:

Nasional

Ketua KPK Nilai Pendidikan Jadi Elemen Penting Bangun Karakter dan Nilai-nilai Antikorupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai, pendidikan memiliki peran sangat penting dalam upaya membangun karakter dan integritas

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan KPK telah menambah aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan dugaan penyelewengan atau penyalahgunaan bantuan sosial, Jumat (25/09/2020) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai, pendidikan memiliki peran sangat penting dalam upaya membangun karakter dan integritas bangsa.

Dengan pendidikan, kata Firli, setiap orang dapat membangun karakter diri dan juga nilai-nilai antikorupsi di dalamya.

"KPK sudah tentu menilai pendidikan sangat penting karena menjadi urat nadi dan elemen vital dalam upaya membangun karakter serta integritas bangsa melalui pendidikan yang berkualitas yang menanamkan nilai-nilai antikorupsi di dalamnya," kata Firli dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5/2021).

Firli juga menilai, pendidikan sangat penting sebagai salah satu upaya mewujudkan tujuan negara dengan cara mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan bangsa yang cerdas, kesejahteraan umum bagi semua anak bangsa bisa terwujud.

"Bahkan, jauh lebih dari itu, pendidikan adalah salah satu senjata yang paling ampuh yang bisa kita gunakan untuk mengubah dunia," ucap Firli.

Oleh karena itu, lanjut dia, KPK memasukkan pendidikan sebagai salah satu national interest dalam roadmap 2011—2023.

Selain itu, KPK juga menempatkan pendidikan sebagai strategi pertama dari tiga strategi pemberantasan korupsi lainnya yang menjadi core business KPK.

Dengan menggunakan jejaring pendidikan formal maupun nonformal mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, KPK telah memasukkan unsur dan nilai-nilai pendidikan antikorupsi kepada masyarakat.

Hal itu, dilakukan untuk membentuk dan menjaga karakter serta integritas setiap anak bangsa agar lepas, tidak terpengaruh laten korupsi yang telah berurat akar di republik ini.

Firli pun sependapat dengan warisan Ki Hajar Dewantara yang telah memberikan banyak teladan akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan kemajuan bangsa ini.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved