Breaking News:

Hari Buruh

Menurut Polisi, Ini Alasan Puluhan Mahasiswa Diamankan Saat Aksi May Day

Massa mahasiswa turut dalam aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

(KOMPAS.COM/ IRA GITA)
Aksi demonstrasi buruh di depan Gedung Mahkama Konstitusi pada Senin (12/4/2021) menyebabkan lalu lintas di sekitar Bundaran Patung Kuda menjadi tersendat. 

TRIBUNAMBON.COM -  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membeberkan alasan pihaknya melakukan pengamanan terhadap puluhan mahasiswa yang hadir dalam aksi unjuk rasa memperingati hari Buruh Internasional, pada Sabtu (1/5/2021) kemarin.

Yusri mengatakan, pengamanan yang dilakukan adalah suatu upaya preventif atau pencegahan guna menghindari terjadinya kerusuhan.

Pasalnya kata dia, sebelum para buruh berangkat menggelar aksi, kepolisian bersama pihak buruh sudah sepakat untuk melakukan aksi damai.

"Adanya pengamanan mahasiswa tuh gini, jadi saat demo yang terakhir itu, tiba-tiba mahasiswa itu mau gabung, itu (pengamanan) dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Yusri saat dikonfrimasi Tribunnews.com, Minggu (2/5/2021).

Pengamanan terhadap para mahasiswa tersebut juga merupakan permintaan dari para kelompok buruh.

Pasalnya kata dia, para buruh tidak mau terkena imbas dari adanya kerusuhan padahal semula mereka berjanji akan menggelar aksi secara damai.

Baca juga: Saksi Kunci Kasus Korupsi Pakaian Linmas Satpol PP Buru Selatan Diperiksa Setelah Lebaran

Baca juga: Alumni Jurusan Kelautan, Yusuf Wally Sebut Fenomena Ikan Muncul di Batu Merah Bukan Pertanda Bencana

"Teman-teman buruh bilang 'kami ga mau pak ada penyusup, mahasiswa mau gabung dengan kami, kami kan mau damai, kalau ada apa-apa kami tidak mau disalahkan, karena ini kan hari buruh bukan hari mahasiswa' gitu," katanya menambahkan.

Awalnya kata Yusri, puluhan mahasiswa tersebut hanya dipisahkan dari barisan para buruh, namun beberapa dari mereka ada yang tidak terima, alhasil pihaknya melakukan pengamanan ke Polda Metro Jaya.

Kendati begitu, kata Yusri, sejak kemarin sore, keseluruhan mahasiswa yang diamankan itu sudah kembali dipulangkan oleh pihaknya.

"Akhirnya kami amankan saja dulu ke Polda, dari Polda kami pulangkan, jadi sudah dipulangkan sejak kemarin sore, itu namanya preventif, pencegahan itu," ujar Yusri.

Halaman
12
Editor: Salama Picalouhata
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved