Breaking News:

Kesehatan

Alami Serangan Panik Saat Tidur, Apa yang Harus Dilakukan?

Biasanya, gejala disertai dengan keringat yang mengucur deras, jantung berdebar kencang, serta rasa takut dan panik yang tak bisa dikendalikan.

freepik
Ilustrasi tidur 

TRIBUNAMBON.COM - Pernakah Anda terbangun dari tidur secara tiba-tiba dan tidak bisa kembali memejamkan mata? Hal semacam itu biasanya dialami oleh orang-orang yang mengalami pannick attack.

Serangan panik semacam itu memang bisa terjadi ketika kita sedang tertidur.

Biasanya, gejala disertai dengan keringat yang mengucur deras, jantung berdebar kencang, serta rasa takut dan panik yang tak bisa dikendalikan.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Menurut psikolog dari Cleveland Clinic, Scott Bea, serangan panik di malam hari cukup umum dialami oleh mereka yang telah terdiagnosis mengalami gangguan panik.

"Meskipun kecemasan dianggap sebagai komponen serangan panik saat tidur, penyebab stres lain dapat memicunya," tambah dia.

Penyebab serangan panik di malam hari sangat sulit ditentukan. Namun, hal itu bisa terjadi karena manifestasi dari stres.

“Serangan panik saat tidur mungkin mencerminkan adanya pemicu stres lain di dalam tubuh," ucap Bea. Stres juga bisa ditularkan melalui kecenderungan genetik. Akibatnya, otak dan tubuh kita aktif bahkan saat kita sedang tidur.

Cara mencegah dan mengatasi Cara terbaik untuk mencegah serangan panik terjadi ketika tidur adalah menganggapnya sebagai hal yang normal.

"Mengalami serangan panik memang menakutkan.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved