Breaking News:

Maluku Terkini

Pertamina Sepakati Kerja Sama Rekonsiliasi Data PBBKB dengan Pemda Maluku

Executive General Manager Regional Papua Maluku PT Pertamina (Persero), Yoyok Wahyu Maniadi mengatakan, kesepakatan ini merupakan bentuk kolaborasi

TribunAmbon.com/ Adjeng Hatalea
PT Pertamina (Persero) Regional Papua Maluku menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama rekonsiliasi data Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dengan Pemda Provinsi Maluku, Jumat (30/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - PT Pertamina (Persero) Regional Papua Maluku menyepakati kerja sama rekonsiliasi data Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku, Jumat (30/4/2021).

Executive General Manager Regional Papua Maluku PT Pertamina (Persero), Yoyok Wahyu Maniadi mengatakan, kesepakatan ini merupakan bentuk kolaborasi dan transparansi BUMN dan Pemda Maluku.

“Pertamina menjunjung tinggi asas transparansi dan akuntabilitas di setiap aktivitas operasional perusahaan.

Oleh karena itu, kami mendukung penuh dan menyetujui atas legalitas kegiatan yang kita lakukan ini sehingga dapat tertuang pada Kesepakatan Bersama terkait rekonsiliasi data PBBKB yang kita langsungkan pada hari ini,” ujar Yoyok saat menghadiri kegiatan Penandatanganan MoU di Kantor Gubernur Maluku Lantai II.

Dia berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan daerah Maluku.

“Oleh karena itu perlu adanya perhatian dan pengawalan oleh kita semua agar optimalisasi perolehan pendapatan atas bahan bakar kendaraan bermotor ini dapat terserap optimal,” ucapnya.

Menurutnya, rekonsiliasi data ini perlu dilakukan, pemungutan pajak yang dilakukan pihaknya bisa disetor ke Pemda Maluku dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Resmi Dilantik, Saniri Negeri Latuhalat Perjuangkan Pantai Namalatu Dikelola Bersama

Baca juga: Serbu PLN, Ini 6 Tuntutan Pemuda Seram Selatan

“Tentunya pajak ini kan untuk daerah, memang kadang-kadang ada yang lintas daerah untuk itu kita lakukan perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku hal itu bisa betul-betul tepat sasaran,” sambungnya.

Sejalan dengan itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang mengatakan, sebagai wilayah kepulauan yang terdiri dari 1.340 pulau, dengan rentan kendali yang belum sepenuhnya teratasi, Maluku masih membutuhkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak.

Menurutnya, Pertamina telah membuktikan dukungan dan partisipasinya selama lima tahun terakhir.

“Dimana dalam lima tahun terakhir pertamina telah memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah Provinsi Maluku dari pajak bahan bakar kendaraan bermotor sebesar Rp. 479.123.507.327,” kata Murad.

Dia menyebutkan, dana tersebut telah dimanfaatkan untuk pembangunan wilayah Maluku dan dikawal ketat oleh Lembaga Pengawas baik Inspektorat, BPK, maupun KPK.

Dia berharap, kerja sama ini akan terus ditingkatkan lagi di waktu mendatang.

“Terutama, PT. Pertamina dapat berbagai program inovasinya baik berupa CRS atau program lainnya yang dapat diimplementasikan di Maluku. Kami siap bekerja sama,” pungkasnya. (*)

Penulis: Adjeng Hatalea
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved