Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

Vaksin Sinovac untuk Lansia, yang Lain Pakai AstraZeneca

Ia menerangkan, hal ini dilakukan dengan pertimbangan kondisi fisik lansia lebih rendah ketimbang penerima vaksin lainnya.

Courtesy/ Youtube Sekretariat Presiden
Jokowi meninjau langsung proses vaksinasi terhadap pelayanan publik terhadap lansia, tokoh-tokoh agama di RSUP dr Johannes Leimena, Kamis (25/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – vaksinassi Covid-19 untuk lansia masih menggunakan vaksin sinovac, sedangkan vaksin jenis AstraZeneca disediakan untuk penerima vaksin lainnya.

“Menurut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, bahwa vaksin sinovac saat ini dipersiapkan untuk lansia,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung saat dihubungi TribunAmbon.com melalui telepon, Senin (26/4/2021) siang.

Ia menerangkan, hal ini dilakukan dengan pertimbangan kondisi fisik lansia lebih rendah ketimbang penerima vaksin lainnya.

Untuk itu, sesuai kebijakan Dinas Kesehatan, prioritas penggunaan vaksin sinovac untuk lansia.

Lanjutnya, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) kemungkinan besar terjadi pada peserta lansia. Seperti meriang, badan sakit-sakit dan panas.

Menurut Rerung, masa penyimpanan vaksin AstraZeneca hanya sampai pada Mei mendatang. Sehingga, vaksinasi harus diselesaikan dalam bulan Ramadhan.

Baca juga: Soal Mudik Lebaran, Bupati Maluku Tengah Akan Tutup Semua Pelabuhan

Baca juga: Perjalanan Antar Pulau di Maluku Tidak Perlu Surat Izin Keluar Masuk

“Vaksin AstraZeneca cukup banyak stoknya dan akan habis masa penyimpanannya pada bulan Mei, untuk itu, selain dari pada lansia mereka akan tetap divaksin menggunakan AstraZeneca karena akan terbuang percuma ketika tidak digunakan atau memilah-milah mau AstraZeneca maupun Sinovac,” tuturnya.

Sementara itu, capaian penggunaan AstraZeneca di Kota Ambon masih sangat jauh target.

“Iya, masih jauh dari target,” tandas Adonia. (*)

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved