Breaking News:

Pasir Emas Pulau Seram

Pemda Maluku Tengah Segera Bangun Posko Terpadu di Tambang Emas Tamilouw

Hal ini mencuat dalam rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupati Maluku

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Fandi Wattimena
Lukman Mukaddar
Aktivitas penambangan di Pantai Pohon Batu, Tamilouw, Maluku, Minggu (18/4/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bakal mendirikan posko terpadu di Lokasi pendulangan emas pantai Pohon Batu Negeri Tamilouw.

Hal ini mencuat dalam rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah Rabu sore (21/4/2021).

"Jadi ini adalah langkah pemerintah daerah dalam melakukan upaya penertiban, yaitu salah satunya kita akan bangun posko disana,"ujar Bupati, Abua Tuasikal.

Langkah itu diambil juga untuk mengantisipasi potensi kerusakan lingkungan akibat pengerukan pasir dan kemungkinan lainnya, seperti penggunaan bahan logam berbahaya oleh penampang liar.

“Untuk mengantisipasi penambang dari luar kami akan membuat pos terpadu. Melibatkan Sat Pol PP, TNI, Polri dan unsur terkait. Dan untuk itu akan dibuatkan Surat Keputusan Bupati Malteng,” ujar Abua.

Baca juga: 1500 Pencari Kerja Serbu Disnaker Kota Ambon Dalam Sepekan

Baca juga: Diduga Mengantuk, Pengendara Motor Kecelakaan Tunggal di Jembatan Merah Putih Ambon

Menurutnya penemuan emas di Negeri Tamilouw telah jadi perhatian seantero wilayah di Nusantara. Sehingga dampak lain yang harus dipikirkan yakni, persoalan sosial, ekonomi hingga budaya.

Meski begitu Bupati menyadari bukan tupoksi Pemerintah Daerah Maluku Tengah ataupun Provinsi Maluku untuk menutup aktivitas pendulangan emas di Tamilouw.

“Soal penutupan tambang, itu jadi kewenangan pemerintah pusat,” tandasnya.

Rakor Forkopimda ini sendiri juga dihadiri seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved