Breaking News:

Maluku Terkini

Wisudakan 1.715 Mahasiswa, Rektor Unpatti: Alumni Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja Sendiri

Sebanyak 1.714 mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diwisudakan, Rabu (21/4/2021).

TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Rapat terbuka luar biasa senat Unpatti Ambon yang digelar di Auditorium Unpatti Ambon, Rabu (21/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 1.714 mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diwisudakan, Rabu (21/4/2021).

Dari total wisudawan, sebanyak 1.346 merupakan lulusan sarjana, tujuh lainnya lulusan profesi doktor, 239 profesi guru dan 123 lulusan magister.

Dalam rapat terbuka luar biasa senat Unpatti Ambon yang digelar di Auditorium kampus setempat itu, Rektor Unpatti Ambon, Prof. dr. M.J. Saptenno mengatakan, masing-masing pribadi alumni harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Kepada wisudawan saya ucapkan selamat atas keberhasilan saudara-saudara. Dan saya mohon bahwa keberhasilan ini adalah langkah pertama pasti ada jalan panjang dan terjal ke depan. Dimana saudara-saudara akan berjuang di masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan atau yang paling penting adalah menciptakan lapangan pekerjaan baru," ucapnya.

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pengurus alumni memberdayakan para lulusan Unpatti.

Kata dia, sudah saatnya wisudawan tidak hanya berorientasi pada PNS, namun sudah harus mampu memulai kembangkan kegiatan-kegiatan mandiri.

"Kami  sudah berkoordinasi dengan pengurus alumni yang baru untuk mereka harus diberdayakan agar mereka tidak lagi berorientasi pada PNS tapi mulai mengembangkan kegiatan-kegiatan usaha mandiri maupun kelompok, magang di perusahaan, atau menjadi peneliti bekerja sama dengan pihak-pihak terkait baik Pemda maupun swasta supaya semua bisa berlangsung dengan baik," sambungnya.

Baca juga: Momen Haru Perayaan Hari Kartini di Lapas Perempuan Kelas III Ambon

Lanjutnya, Unpatti Ambon akan membuat aturan bagi setiap mahasiswa pada semester tertentu, sudah harus memiliki kegiatan usaha.

Ini sebagai salah satu cara agar setelah lulus, para alumni tak lagi menganggur.

"Ini nanti dibuat dalam aturan rektor. Tentu ada persyaratannya. Target kita, sebelum wisuda, mahasiswa sudah ada usaha atau telah mampu menciptakan lapangan kerja baru," tandas Rektor.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved