Breaking News:

Nasional

Menkes: Kasus Covid-19 Kita Sudah Turun, Jangan Sampai Ada Lonjakan

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan.

Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN), Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/9/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan.

Dia berharap masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan sehingga penularan Covid-19 di Indonesia tidak kembali mengalami lonjakan.

"Kepada teman-teman jangan lupa tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Sebab sayang kita (kasus Covid-19) sudah turun, jangan sampai ini ada lonjakan ketiga seperti yang terjadi di negara-negara lain di Eropa, di Asia maupun di Amerika Selatan," ujar Budi saat mengunjugi vaksinasi massal Covid-19 untuk seniman dan budayawan di Galeri Seni Indonesia, Senin (19/4/2021).

Dalam kesempatan yang sama Budi juga menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 aman dilakukan. Termasuk jika vaksinasi diperuntukkan bagi lansia.

Budi menuturkan, saat ini pemerintah sedang gencar mengajak lansia agar mau menjalani vaksinasi Covid-19. Sayangnya, masih banyak lansia yang merasa takut divaksin atau sukar datang ke lokasi vaksinasi.

Sementara anak-anak mereka juga enggan membawa orangtuanya menjalani suntik vaksin.

"Padahal vaksinasi ini sangat penting untuk melindungi mereka sebab mereka termasuk golongan yang rentan atau rawan (jika terpapar Covid-19)," tambah Budi.

Sebelumnya diberitakan, penularan Covid-19 masih terjadi di Indonesia hingga Minggu (18/4/2021).

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan total kasus positif di Indonesia mencapai 1.604.348 orang hingga Minggu.

Jumlah tersebut didapatkan setelah ada penambahan 4.585 kasus dalam 24 jam terakhir.

Selanjutnya, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 4.873 orang, sehingga jumlahnya menjadi 1.455,065 orang.

Selain itu, ada penambahan 96 kasus kematian akibat Covid-19. Sehingga, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal tercatat ada 43.424 orang.

(Kompas.com / Dian Erika Nugraheny / Diamanty Meiliana)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved