Breaking News:

Global

India Kehabisan Stok Vaksin Covid-19, Pasokan Global Makin Kritis

Kasus baru terpapar corona hingga angka kematian di India terus melonjak hingga kembali di level tertinggi.

(AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGH)
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh. 

NEW DELHI, TRIBUNAMBON.COM - Kasus baru terpapar corona hingga angka kematian di India terus melonjak hingga kembali di level tertinggi.

Kehabisan vaksin covid-19 di tengah kebrutalan gelombang kedua diyakini sebagai salah satu penyebabnya.

Setidaknya lima negara bagian India sekarang melaporkan kekurangan dosis vaksin.

Mereka mendesak pemerintah untuk memenuhi permintaan domestik, yang sebelumnya telah dilakukan dengan membatasi ekspor vaksin Covid-19.

Jika ekspor dibatasi lebih jauh maka itu akan membahayakan pasokan global, termasuk 5 juta dosis AstraZeneca menuju Inggris.

India biasanya memproduksi 60 persen vaksin yang digunakan di seluruh dunia dan merupakan rumah bagi pembuat vaksin terbesar di dunia, Serum Institute of India (SII). Covax, program yang merupakan respons untuk mengirimkan vaksin ke negara-negara miskin, kini telah memperingatkan bahwa pengiriman vaksin dari SII akan ditunda.

Hal itu akan terjadi setidaknya hingga akhir bulan karena permintaan vaksin Covid-19 domestik India meningkat.

Sementara itu juru bicara Departemen Kesehatan Inggris tidak dapat mengatakan kapan 5 juta dosis AstraZeneca yang akan tiba bulan ini benar-benar akan muncul.

Inggris kata dia, tidak mengharapkan dosis apa pun dari India setelah itu. Gelombang kedua negara itu diperkirakan didorong oleh varian Covid-10 yang bermutasi ganda, yang sekarang menyebar di Inggris.

Para ilmuwan meyakini mutasi ini membuat virus lebih menular dan dapat mengurangi keefektifan vaksin saat ini.

Halaman
123
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved