Breaking News:

Nasional

Kasus Sembuh Covid-19 Turun, Satgas Sebut Bukan Berarti Penanganan Pasien Menurun

Menurut Wiku, menurunnya penambahan kasus positif dan angka kematian menunjukkan perkembangan baik, setelah pada minggu sebelumnya kasus positif dan k

(DOK. Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Angka kesembuhan mingguan pasien Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Data 11 April 2021 menyebutkan, kasus sembuh turun 3,5 persen. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, meski kasus sembuh turun, bukan berarti penanganan pasien mengalami penurunan.

"Penurunan kesembuhan pada saat ini bukan berarti terjadi penurunan dalam penanganan pada pasien positif sehingga kesembuhan ikut turun," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/14/2021). Wiku menyebut, penurunan angka kesembuhan bisa jadi beriringan dengan menurunnya angka penambahan pasien positif Covid-19.

Dalam periode yang sama, penambahan kasus positif menurun hingga 14,2 persen.

"Bisa juga disebabkan karena kasus positif yang semakin menurun sehingga kasus sembuh juga menurun mengikuti tren kasus positif," ujarnya.

Selain kasus positif, angka kematian pasien Covid-19 juga mengalami penurunan hingga 3,5 persen.

Menurut Wiku, menurunnya penambahan kasus positif dan angka kematian menunjukkan perkembangan baik, setelah pada minggu sebelumnya kasus positif dan kematian menunjukkan tren yang buruk.

"Saya ingin mengapresiasi keadaan ini. Penurunan kasus positif dan kematian adalah hal yang harus kita pertahankan," katanya.

Wiku pun meminta seluruh masyarakat dan pemerintah daerah terus mengawal perkembangan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing. Ia juga meminta fungsi posko penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan dioptimalkan. Wiku juga mendorong daerah patuh menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. "Semoga perkembangan ini terus menunjukkan perbaikan dan semakin merata di seluruh wilayah di Indonesia," katanya.

(Kompas.com /  Fitria Chusna Farisa / Krisiandi)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved