Breaking News:

Global

Demi Tekan Polusi Udara, Perancis Berencana Larang Penerbangan Jarak Pendek

Parlemen Perancis tengah membahas rancangan undang-undang (RUU) yang melarang penerbangan jarak pendek untuk beberapa rute domestik.

(SHUTTERSTOCK/Skycolors)
Ilustrasi: Pesawat terbang 

PARIS, TRIBUNAMBON.COM - Parlemen Perancis tengah membahas rancangan undang-undang (RUU) yang melarang penerbangan jarak pendek untuk beberapa rute domestik.

RUU tersebut diajukan majelis rendah Parlemen Perancis alias Majelis Nasional pada akhir pekan sebagaimana dilansir Bloomberg Quint, Selasa (13/4/2021).

RUU tersebut merupakan bagian dari rencana pencegahan perubahan iklim yang lebih luas dan perlu dibahas lebih lanjut ke majelis tinggi Parlemen Perancis alias Senat.

“Kebijakan ini benar-benar berpotensi untuk mempercepat semua opsi penerbangan yang berkelanjutan,” kata Venkat Viswanathan, seorang profesor di Universitas Carnegie Mellon.

Dia menambahkan, jika RUU tersebut benar-benar disahkan, itu akan mendorong penggunaan pesawat listrik di masa depan.

Sektor penerbangan adalah salah satu sektor penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar dan paling cepat tumbuh sebelum pandemi virus corona menyetop sektor ini.

Pada 2019, sektor ini menghasilkan sekitar 2 persen emisi karbon dioksida buatan manusia yang berkontribusi terhadap pemanasan global, menurut kelompok industri ATAG.

Di antara seluruh penerbangan, penerbangan jarak pendek merupakan salah satu penerbangan yang paling berpolusi.

Selisih Biaya Bahan bakar dari fosil tetap menjadi pilihan yang paling murah, bahkan saat energi alternatif yang lebih bersih sedang dikembangkan.

Di satu sisi, bahan bakar hijau untuk penerbangan berkelanjutan hanya tersedia dalam volume kecil.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved