Breaking News:

Ramadhan 2021

Cukupi Kebutuhan Protein Ramadhan dengan Konsumsi Ikan

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti menjelaskan makan ikan dapat mencukupi kebutuhan protei

TribunAmbon.com/Fandi
AMBON: Jenis ikan di Pasar Mardika, Selasa (2/3/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan pasokan ikan di berbagai daerah aman dan dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama Ramadan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti menjelaskan makan ikan dapat mencukupi kebutuhan protein di bulan suci ini.

"Tak perlu kuatir, ikan sebagai sumber protein pasokannya cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadhan hingga lebaran 2021," kata Dirjen PDSPKP Artati di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Per 31 Maret 2021, KKP juga telah bersurat ke Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di seluruh Indonesia meminta untuk menggelar pasar ikan murah Ramadhan, baik secara online maupun offline.

Artati menyebut penyelenggaraan secara online dilakukan melalui aplikasi PasarlautIndonesia dan bekerjasama dengan market place.

Sementara gelaran secara offline, bisa dilakukan di pasar tradisional, pasar ikan modern, atau tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kami berharap pemerintah daerah bisa berperan aktif dalam penyelenggaraan dan melibatkan UMKM setempat," jelas Artati.

Sumber protein yang terdapat pada ikan juga bisa menunjang aktivitas masyarakat selama berpuasa.

Merujuk kajian praktisi pangan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, disebutkan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna, tengiri, sardines, belut, bandeng, dan patin, bisa mengontrol rasa lapar dalam tubuh.

Meski diolah dengan beragam proses seperti direbus, digoreng, dioven dan sebagainya, asam lemak omega-3 dari ikan bisa tahan hingga suhu 180°C.

Artati mengajak masyarakat untuk mulai menghadirkan ikan di meja makan, baik saat berbuka maupun sahur.

"Dengan begitu banyaknya manfaat ikan, semoga puasa kita lancar dan kita bisa fokus ibadah," tuturnya.

(Tribunnews / Reynas Abdila / Anita K Wardhani)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved