Breaking News:

Ramadhan 2021

Kemenkes: Anak Usia di Bawah 10 Tahun Tak Perlu Dibawa ke Masjid Selama Ramadhan

Nadia mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar anak-anak tidak mudah tertular virus corona ataupun menularkan virus ke orang lain.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Ketua MUI Maluku, Abdullah Latupono menyebutkan sekitar lebih dari 30 masjid di Kota Ambon yang masih menggelar ibadah salat tarawih (29/04/2020) 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta para orangtua yang akan melaksanakan shalat tarawih di masjid pada bulan Ramadhan untuk tidak membawa anak mereka yang masih berusia di bawah 10 tahun.

Nadia mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar anak-anak tidak mudah tertular virus corona ataupun menularkan virus ke orang lain.

"Kami juga mengimbau untuk para masyarakat tidak perlu rasanya membawa anak berusia di bawah 10 tahun untuk melakukan salat tarawih bersama," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Senin (12/4/2021).

Nadia mengatakan, apabila anak-anak tetap dibawa ke masjid, pastikan mereka mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, ia meminta para pengurus masjid memberlakukan kapasitas jemaah sebesar 50 persen, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan menerapkan jaga jarak aman 1 meter.

"Dan tentunya penggunaan alat dan perangkat shalat serta Al Quran di masjid bisa dibawa oleh masing-masing jemaah dari rumah," ujarnya.

Nadia juga meminta setiap masjid melakukan disinfeksi secara teratur untuk menjamin kebersihan serta menyediakan masker apabila ada jemaah yang tidak memakai masker.

Lebih lanjut, Nadia mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk beribadah di masjid, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan selama bulan Ramadhan.

"Di bulan Ramadhan ini, kita tetap senantiasa fokus pada ibadah, bekerja dan berusaha tetap menjaga kesehatan masing-masing," pungkasnya.

(Kompas.com / Haryanti Puspa Sari / Dani Prabowo)

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved