Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Pemkot Ambon Target Vaksinasi Lansia Selesai Sebelum Lebaran

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) selesai sebelum lebaran di bulan Mei nanti.

Sumber: Juna Putuhena
Ilustrasi Vaksinasi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) selesai sebelum lebaran di bulan Mei nanti.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (8/4/2021) sore.

Lanjutnya, hal itu sejalan dengan keinginan Pemerintah Pusat (Pempus) yang mengharapkan vaksinasi bagi 21,6 juta lansia di Indonesia dapat terselesaikan sebelum Lebaran.

“Pempus menilai vaksinasi bagi lansia berjalan lamban, oleh sebab itu pempus berharap agar vaksinasi lansia bisa diselesaikan sesegera mungkin, terutama sebelum Lebaran, karena walaupun kebijakan mudik sudah dibatasi, namun sangat mungkin terjadi pergerakan orang, yang membuat kelompok lansia ini sangat rawan terekspos ke anak atau cucu yang berstatus orang tanpa gejala atau OTG,” katanya.

Pasalnya, lansia memiliki tingkat resiko fatality yang tinggi dibandingkan dengan kelompok umur lainnya.

Sejauh ini, kata Adriaansz, lansia merupakan penerima vaksin terbanyak yakni 7.499 orang.

“Kelompok lanjut usia atau lansia masih merupakan penerima vaksin terbanyak yakni 7.499 orang dengan booster 1.332,” ungkap Adriaansz.

Adriaansz yakin dengan dukungan Pempus, Ambon dapat memenuhi target pemberian vaksinasi lengkap bagi lansia di Kota Ambon.

“Dengan apresiasi yang diberikan menjadi dorongan motivasi kita untuk dapat memenuhi target pempus tersebut,” sebutnya.

Apalagi, lanjutnya, ditunjang dengan dukungan dan kesadaran penuh dari seluruh lapisan masyarakat.

“Perangkat Desa, Negeri, maupun Kelurahan, bahkan RT/RW, sebagai ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat menggerakan para lansia untuk menerima suntikan vaksin, sehingga capaian vaksinasi di kota Ambon terus meningkat,” ungkapnya.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved