Breaking News:

Nasional

Dua Kapal Perang TNI AL Berhasil Menembakkan Rudal Hingga Targetnya Tenggelam di Perairan Natuna

Pelepasan tembakan rudal itu dilakukan dari jarak sekitar 70 km dengan menargetkan sebuah kapal Eks KRI Balikpapan.

Dinas Penerangan Angkatan Laut Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dua Kapal Perang TNI AL Berhasil Menembakkan Rudal Hingga Targetnya Tenggelam di Perairan Natuna, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/09/dua-kapal-perang
Kapal perang milik TNI Angkatan Laut, yang sedang melakukan latihan menembakkan rudal jenis C-705 di perairan Natuna, Kamis (8/4/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Dua Kapal perang milik TNI Angkatan Laut (TNI AL), KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 berhasil menembakkan peluru kendali (rudal) jenis C-705 dan Hit on target atau mengenai sasaran yang menyebabkan target kapal sasaran tenggelam.

Pelepasan tembakan rudal itu dilakukan dari jarak sekitar 70 km dengan menargetkan sebuah kapal Eks KRI Balikpapan.

Penembakan rudal di perairan Natuna ini merupakan rangkaian latihan yang digelar TNI AL Pra Armada Jaya, pada Kamis (8/4/2021) kemarin.

Sebagai informasi, kedua kapal milik TNI AL itu merupakan Kapal Cepat Rudal (KCR) Type 40 yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I.

"Kapal ini merupakan kapal pemukul reaksi cepat dimana dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula," tulis Dinas Penerangan Angkatan Laut dalam keterangannya, dikutip Jumat (9/4/2021).

Sementara itu, rudal C-705 merupakan satu di antara banyak senjata strategis yang dimiliki TNI AL yang dipasang di berbagai kapal jenis KCR.

TNI AL pada Latihan Pra Armada Jaya ini mengerahkan sejumlah Alutsista seperti kapal perang, pesawat udara dan kendaraan tempur marinir.

Daerah latihan ini sendiri dilakukan di Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna Utara dan Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Adapun, agenda latihan tersebut akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 15 April 2021 yang merupakan bagian dari persiapan awal sebelum melaksanakan Latihan puncak TNI AL, Armada Jaya.

Latihan itu terdiri dari operasi laut gabungan (Opslagab) diperankan oleh Koarmada II Surabaya; latihan operasi gabungan amfibi (Opsgabfib) oleh Koarmada I Jakarta; latihan pasukan pendarat Korps Marinir (Pasrat Kormar) oleh Kormar; latihan operasi pendaratan administrasi (Opsratmin) oleh Kolinlamil serta latihan operasi pertahanan pantai (Opshantai) oleh Koarmada I dalam hal ini Lantamal IV Tanjung Pinang.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved