Breaking News:

Global

3 Bulan Ditahan Iran, Kapal Tanker Korea Selatan Akhirnya Dibebaskan

Otoritas Iran akhirnya membebaskan kapal tanker Korea Selatan, MT Hankuk Chemi, beserta kapten dan awak kapalnya setelah ditahan selama tiga bulan leb

3 Bulan Ditahan Iran, Kapal Tanker Korea Selatan Akhirnya Dibebaskan
(YONHAP/AFP)
Rekaman CCTV Hankuk Chemi, sebuah kapal tanker minyak berbendera Korea Selatan, ditampilkan di layar ketika sebuah kapal Pengawal Revolusi Iran terlihat dalam lingkaran merah di layar di perusahaan pemilik kapal tanker itu DM Shipping, di Busan pada 4 Januari, 2021. Kementerian luar negeri Korea Selatan pada 4 Januari menuntut pembebasan dini sebuah kapal tanker minyak yang disita oleh Iran di perairan Teluk karena melanggar undang-undang lingkungan maritim.

TAHERA, TRIBUNAMBON.COM - Otoritas Iran akhirnya membebaskan kapal tanker Korea Selatan, MT Hankuk Chemi, beserta kapten dan awak kapalnya setelah ditahan selama tiga bulan lebih.

Pembebasan kapal tanker tersebut diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Korea Selatan sebagaimana dilansir Russian Today, Jumat (9/4/2021).

Kapal tanker MT Hankuk Chemi diizinkan meninggalkan Iran pada Jumat pagi waktu Korea Selatan. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, kapten kapal dan awak kapalnya dalam keadaan sehat.

Kapal MT Hankuk Chemi juga siap untuk langsung berlayar kembali.

Menurut data pelacakan laut, kapal tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Rajai dekat Bandar Abbas, Iran.

Kapal tersebut kini dalam pelayaran ke Korea Selatan.

MT Hankuk Chemi disita Iran pada 4 Januari saat berlayar di Selat Hormuz dekat Oman.

Iran mengeklaim, MT Hankuk Chemi telah mencemari perairannya dengan petrokimia dan melanggar undang-undang lingkungan maritim.

Pada Februari, Teheran setuju untuk membebaskan 19 awak kapal MT Hankuk Chemi. Namun, kapten kapal harus tetap berada di Iran.

Sebanyak 12 awak kapal lantas memilih untuk tetap berada di kapal untuk membantu pemeliharaan MT Hankuk Chemi.

Halaman
12
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved