Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Rapat di DPR, Menkes: Indonesia Urutan ke-8 Vaksinasi Covid-19 Tercepat di Dunia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini Indonesia menempati urutan ke-8 vaksinasi Covid-19 tercepat di dunia.

Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN), Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/9/2020). 

JAKARA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini Indonesia menempati urutan ke-8 vaksinasi Covid-19 tercepat di dunia.

Budi mengatakan, Indonesia berada di bawah Jerman, Turki, Brazil, Inggris, India dan Amerika Serikat.

"Ada sekitar hampir 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi di dunia, Indonesia ada di ranking nomor 8," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (8/4/2021).

Budi mengatakan, ada lima negara yang memproduksi vaksin Covid-19 yaitu Amerika Serikat, China, India, Inggris dan Rusia.

Namun, setiap vaksin yang diproduksi di Amerika Serikat hanya digunakan untuk negara tersebut. Hal serupa juga berlaku di Inggris.

Ia menjelaskan, jika ada jenis vaksin asal Amerika Serikat yang digunakan di negara-negara Eropa, maka vaksin tersebut diproduksi beberapa perusahaan di luar Amerika Serikat.

"Jadi negara yang memproduksi vaksin dan mengekspor secara besar sekarang adalah China dan India," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, laju penyutikan vaksin Covid-19 menempati urutan ke-4 dari negara non produsen vaksin.

Hal ini disebabkan vaksinasi di Indonesia tidak hanya menjadi program pemerintah tetapi gerakan nasional.

"Di mana semua komponen bangsa baik itu lembaga sosial, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, maupun yang lain sebagainya sudah membantu pemerintah untuk melakukan vaksinasi," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rapat di DPR, Menkes: Indonesia Urutan ke-8 Vaksinasi Covid-19 Tercepat di Dunia”.

Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved